Manfaat Software HR untuk Menunjang Kinerja HR di Perusahaan

BERITA UTAMA35 Dilihat

HR atau human resources adalah divisi yang bertugas untuk mengelola sumber daya manusia di perusahaan. HR bertanggung jawab mengurus berbagai hal terkait karyawan, mulai dari absensi, penilaian kinerja, hingga payroll.

Untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut, pada umumnya HR menggunakan software HR. Software tersebut bermanfaat untuk memudahkan kerja HR agar semakin efektif dan efisien.

Lebih lengkapnya, berikut ini adalah manfaat yang akan diterima HR jika menggunakan software HR. Simak selengkapnya di sini!

Apa Itu Software HR?

Software HR adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memudahkan kinerja HR di perusahaan. Software ini mencakup berbagai aspek tanggung jawab HR, karena itulah penggunaannya akan memudahkan kerja mereka.

Dengan software HR, divisi HR di perusahaan bisa mengelola informasi karyawan, rekapitulasi absensi, perhitungan payroll, proses approval cuti, penilaian kinerja, pelatihan karyawan, dan sebagainya.

Manfaat Software HR untuk Divisi HR

Jika menggunakan software HR di perusahaan, divisi HR akan menerima manfaat sebagai berikut:

  1. Mengelola Absensi Karyawan

Absensi karyawan merupakan aspek penting dalam perusahaan. Ini karena absensi digunakan untuk dasar penggajian dan penilaian kinerja karyawan.

Setiap karyawan hendaknya mencatatkan kehadirannya ke kantor. Hal tersebut bisa dilakukan dengan software HR. Melalui software HR, divisi HR bisa mendapatkan data absensi karyawan yang bersifat real time dan akurat.

Software HR yang dipakai untuk mengelola absensi adalah aplikasi absensi online. Lewat aplikasi ini, karyawan bisa mencatatkan kehadirannya, bahkan meskipun bekerja dari rumah.

  1. Memudahkan Pengajuan Cuti Karyawan

Beberapa perusahaan masih menggunakan cara manual dalam pengajuan cuti. Jika ada karyawan yang ingin mengajukan cuti, karyawan tersebut harus mengisi formulir cetak dan menyerahkannya kepada HR untuk ditandatangani.

Proses tersebut tentunya tidak praktis, karena HR dan karyawan harus bertatap muka hanya untuk mengajukan cuti. Oleh karena itu, software HR bisa digunakan. Software ini dapat memudahkan karyawan untuk mengajukan cuti dari mana saja.

  1. Mengelola Payroll

Beberapa perusahaan memisahkan tugas penggajian atau payroll kepada divisi payroll. Namun, ada pula perusahaan yang memberi tanggung jawab penggajian karyawan kepada HR.

Penggajian karyawan merupakan hal yang kompleks, karena melibatkan banyak hitungan. Oleh karena itu, agar perhitungan dan pemberian gaji karyawan bersifat akurat, HR bisa menggunakan aplikasi payroll yang tergabung dalam software HR. Aplikasi tersebut bisa menghitung dan memproses gaji dengan benar, bahkan termasuk pajak penghasilan.

  1. Melakukan Penilaian Kinerja

Pada akhir periode tertentu, HR akan melakukan penilaian kinerja karyawan. Penilaian dilakukan untuk mengetahui keberhasilan karyawan dalam melaksanakan tanggung jawab pekerjaannya.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah jika menggunakan software HR. Software HR biasanya memiliki fitur goals, KPI, ataupun performance appraisal yang bisa mengelola penilaian kinerja dan melihat laporannya dengan mudah.

  1. Mengelola Pelatihan Karyawan

Meningkatkan skill karyawan dalam melakukan pekerjaannya juga merupakan salah satu tanggung jawab HR. Terkait hal ini, HR bertanggung jawab untuk mengadakan sesi pelatihan yang bisa meningkatkan keterampilan karyawan.

Pengadaan pelatihan bisa dilakukan dengan mudah jika menggunakan software HR. Biasanya, HR akan menggunakan software tersebut untuk merencanakan pelatihan, mengelola budget pelatihan, serta mengatur materi pelatihan.

  1. Mengelola Rekrutmen

Tugas HR yang paling umum di kalangan masyarakat adalah merekrut karyawan baru. Proses rekrutmen ini akan melibatkan screening CV, interview, hingga onboarding.

Supaya proses rekrutmen berjalan dengan lancar, HR biasanya menggunakan aplikasi HR. Aplikasi digunakan untuk menyimpan informasi kandidat seperti CV dan surat lamaran kerja serta mengetahui proses rekrutmen dari setiap kandidat.

Baca Juga: Daftar Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Itulah dia 6 manfaat software HR yang bisa diterima divisi HR dalam perusahaan jika menerapkannya. Jika Anda tertarik untuk memudahkan kerja HR sehingga kinerja mereka meningkat, Anda bisa menggunakan software HR LinovHR.

Software HR LinovHR memiliki modul lengkap yang bisa mengakomodir kebutuhan SDM di perusahaan Anda. Mulai dari absensi, penilaian kinerja, hingga payroll, biarkan LinovHR mengelola semuanya untuk Anda dengan efektif dan efisien.