Kewaspadaan Dini Kejadian KLB Polio Di Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, kabardaerah.com – Kewaspadaan Dini Kejadian KLB Polio Di Provinsi Sumatera Selatan.Selasa (22-11-2022)

“Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Bapak Trisnawarman dan di dampingi oleh Kasi Surveilan dan Imunisasi Bapak H. Darsono mengatakan, bahwa Virus Polio itu adalah suatu Virus yang menyebabkan Acute Flaccid Paralysis yaitu lumpuh layu pada anak usia di bawah 15 tahun, itu penyebabnya golongan Virus yang mana menyerang tungkai atau kelompok tersebut pada anak-anak usia di bawah 15 tahun.

Jadi virus ini tempat hidupnya bisa di tempat-tempat yang dingin, ataupun tanah, ataupun sungai atau tempat paling kotor. Karena virus ini lama bisa bertahan lama di tempat-tempat yang dingin tersebut,”ujarnya.

“Bapak Trisnawarman juga menyampaikan kami berharap seluruh masyarakat di Sumsel, khususnya Kepala Dinas Provinsi kota , Kepala Puskesmas dan juga semua dan masyarakat serta Pemerintah daerah, harus kita segera mengambil tindakan cepat.Kita harus melaksanakan imunisasi segera yang belum terimunisasi tersebut termasuk percepatan imunisasi polio unisesi,
yang lain juga karena juga tidak menutup kemungkinan akibat pandemi ini berdampak terhadap cakupan imunisasi, di mana anak-anak kita khawatirkan dengan imunisasi yang kurang bisa terkena penyakit-penyakit ini.

Dan untuk imunisasi polio ini sudah mulai dari usia 1-4 bulan, dan kita pakai yang tetes, di tetes 3 kali tetes,”katanya.

“Himbauan kepada seluruh masyarakat jadi mari kita bahu-membahu membawa anak-anak kita ke Posyandu, Puskesmas terdekat untuk melaksanakan Imunisasi yang belum sempat mereka laksanakan selama pandemi ini itu yang pertama, kemudian yang kedua jaga kesehatan dengan cara makan yang bergizi seimbang, dan yang ketiga PHBS kita tingkatkan selalu bersih dan sehat di masyarakat, baik Lingkungan harus bersih, kemudian juga jangan sampai tercemar, buang air besar jangan sembarangan. Dan juga bila ada kasus-kasus anak-anak demam cepat berobat ke fasilitas kesehatan dan juga ke Dokter dengan resep obat yang memang ditetapkan oleh Dokter.

“Harapan kami cukup sampai di sini untuk semua penyakit, masalah kesehatan, makanya dari itu kita harapkan semua masyarakat berperan aktif dalam rangka mencegah terjadinya penyakit-penyakit menular, agar tidak menular kepada masyarakat diharapkan mari segera bawa anak imunisasi segera terima kasih,”tutup dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.