Kebakaran Hutan Di Sibanawa, Sumarorong Sempat Ancam Pemukiman warga

Mamasa, kabardaerah.com — Hutan yang terbakar di  dusun sibanawa Desa sibanawa, Kecamatan Sumarorong,  Kabupaten Mamasa,  Provinsi Sulawesi Barat sempat mengancam pemukiman warga dan membuat sejumlah warga menjadi panik.19 Agustus 2023.

Belum diketahui pasti luas hutan yang terbakar namun kebakaran tersebut selain melalap hutan pegunungan desa sibanawa, juga melalap kebun warga setempat.

Bhabinkamtibmas Desa sibawa Saenong mengungkapkan bahwa kejadian sekitar pukul 14:00 WITA, di pegunungan sibanawa, dan belum diketahui pasti penyebab kebakaran.

“Kejadian sekitar pukul 14:00 WITA penyebab kebakaran kita belum tau pasti, namun sebagian warga mengatakan, kebakaran hutan terjadi karean sedang kemarau dan api mudah membakar hutan,” ungkap Saenong 

Ia mengatakan, personel Polsek Sumarorong bersama warga tidak bisa memadamkan api yang terus menjalar apalagi saat ini sedang musim kemarau air sulit didapatkan ditambah akses jalan menuju titik kebakaran sangat susah sehingga menyulitkan pemadam kebakaran menjangkau titik api sehingga api cepat menjalar kemana-mana.

Kebakaran itu sempat membuat panik warga sekitar karena tampak mulai menjalar mendekati pemukiman warga.

“Api cepat menjalar kemana-mana dan sempat membuat panik warga  karna selain sudah musim kemarau angin juga kencang sehingga api cepat membesar melalap pegunungan sibanawa dan sekitarnya, ditambah akses jalan juga menuju titik apa sangat susah sehingga pemadam kebakaran susah menjangkau titik api,”jelasnya 

Belum diketahui pasti luas hutan dan kebun warga yang hangus terbakar namun menurut saenong selain hutan yang habis dilalap sijago, juga melalap beberapa  kebun warga yang sudah ditanami tanaman cengkeh.

” Belum diketahui pasti luas hutan yang habis terbakar tetapi selain melalap hutan beberapa kebun cengkeh warga juga habis terbakar,” katanya 

Dengan upaya warga dan pihak keamanan Polsek Sumarorong dan pemadam kebakaran kobaran api tersebut sudah bisa dijinakkan atau dipadankan dan beruntung tidak ada korban jiwa atas insiden tersebut.

“Saat ini api sudah padam dengan usaha warga dan pihak keamanan Polsek Sumarorong dan pemadam kebakaran, memadamkan api tersebut dan beruntung tidak ada korban jiwa, tetapi pihak keamana saat ini masih tetap berjaga jaga di lokasi kebakaran untuk mengantisipasi kemungkinan api kembali membesar,ujarnya.

Bhabinkamtigmas tersebut menghimbau kepada seluruh warga setempat untuk tidak melakukan tindakan mumbuka lahan atau kebun dengan cara membakar, mengingat saat ini musim kemarau dan angin kencang sehingga memudahkan api cepat merambat kemana-mana.|***