Sturman Panjaitan : Batam Jadi Kota Impian karena Menjanjikan

TERBARU714 Dilihat

BATAM,KABARDAERAH.COM-Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP),  Sturman Panjaitan mengatakan, Kota Batam yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, dinilai sebagai kota impian. Sehingga, banyak orang yang mengadu nasib ke Batam daripada ke kota-kota lain di Indonesia.

“Karena kota Batam begitu menjanjikan. Selain itu menarik sekali untuk para wisatawan,” kata Sturman Panjaitan dalam sambutannya membuka Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI. Forum tersebut bertema Sinergi DPR RI dan KWP dalam Mendukung Batam sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Setiap akhir pekan, Batam penuh dengan orang-orang Singapura dan Malaysia. Setelah tanggal 10 sampai selanjutnya, hotel di Batam penuh, karena begitu banyaknya orang yang datang,” katanya.

Dia juga mengatakan, Batam sangat menjanjikan. Selain itu, Batam adalah kota yang sangat maju,

“Khususnya bidang IT-nya, karena berdekatan langsung dengan negara yang cukup maju. Diantaranya Singapura dan Malaysia,” tandasnya.

“Batam adalah satu-satunya kota yang dikelola oleh walikota berdampingan langsung dengan daerah yang disebut dengan KEK atau free trade zone,” tegasnya.

Sedangkan praktisi perencanaan wilayah dan kota Alpano Priyandes mengungkapkan, ada sejumlah isu strategis pariwisata Batam. Yaitu, untuk wisata belanja barang elektronik, fashion branded menurun.

“Hal itu karena persaingan harga dengan tempat lain dan belanja online. Sedangkan untuk wisata kuliner, fokus pada seafood, berlokasi di kawasan pusat kota dan wisata pantai,” jelasnya.

Selanjutnya, wisata MICE berkembang di pusat kota dan hotel/resort baru di tepi pantai.

Sedangkan untuk wisata alam pantai, perlu dibuat beberapa obyek wisata pantai untuk publik yang representatif seperti di Nongsa.

“Untuk wisata alam perbukitan, pada beberapa titik memiliki pemandangan view yang menarik ke arah laut atau kota. Sehingga dapat dikembangkan menjadi ruang publik untuk wisata,” bebernya. ** Dommy.