Sepekan Terakhir Harga Bapok di Tapin Relatif Stabil, Disdag Masif Gelar Pasar Murah Selama Bulan Puasa

Tapin.KabarDaerah.com – Memasuki bulan puasa ramadhan 1445 H/2024 M, harga barang kebutuhan pokok (bapok) di pasar yang ada di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, hingga menginjak hari kedua puasa relatif stabil.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin Sugian Noor, saat menggelar pasar murah di Pasar Ramadhan 1445 hijriah,di Rantau. Rabu (13/3/2024).

Dikatakan Kadisdag,semenjak sepekan lalu sebelum bulan puasa atau tepatnya (8/3),hingga sekarang hari kedua bulan ramadhan (Rabu,13/3), harga bapok dipasar Keraton Rantau dan Binuang masih relatif sama dengan sebelumnya.

“Meski memang ada beberapa bapok yang dijual dipengecer masih diatas harga eceran tertinggi (HET).Akan tetapi ada juga beberapa bapok yang dijual dengan harga dibawah HET”,ungkapnya.

Sugian Noor mengatakan,guna menekan laju inflasi dan stabilisasi harga bapok, pihaknya masif melakukan operasi pasar murah baik sebelum maupun saat bulan puasa ramadhan sekarang ini.

“Untuk bulan puasa,kita menggelar pasar murah di pasar ramadhan selama 24 hari kerja kedepan. Per hari kita siapkan 200 paket bapok”, ujarnya.

Dia menjelaskan,per paket bapok terdiri dari 2 kg gula, 2 liter minyak goreng dan 1 kg tepung terigu dengan harga dipasaran Rp 86 ribu dan Pemkab Tapin mensubsidi Rp 25 ribu, sehingga masyarakat cukup menebusnya Rp 61 ribu per paketnya.

Sementara,Kabid Stabilisasi dan Sarana Distribusi Perdagangan Disdag Tapin, Rahmiati SE melaporkan,harga barang kebutuhan pokok (bapok) di pasar yang ada di Kabupaten Tapin selama sepekan ini relatif stabil dan stoknya mencukupi.

“Diantaranya seperti harga beras lokal sirang,siam kupang dan mayang selama sepekan ini masih tetap diharga Rp 12 ribu hingga Rp 18 ribu per liternya”,
jelas Rahmiati.

Sementara untuk harga bapok per hari ini (13/3) daging ayam ras dikisaran harga Rp 39 – 40 ribu/kg,telur ayam ras Rp 33 ribu/kg,telur ayam kampung Rp 3 ribu /biji,minyak goreng curah Rp 15 ribu/liter dan minyak goreng kemasan mulai Rp 16 sampai 19 per liternya.

“Untuk gula pasir curah tanpa merk dan kemasan bermerk mulai Rp 17 ribu hingga Rp 18 ribu per liter”,jelasnya.

Harga daging sapi segar dieceran saat ini di tapin per kilo gramnya Rp 160 ribu, bawang putih Rp 40 ribu/kg,bawang merah Rp 35 ribu/kg,cabai rawit Rp 100 ribu/kg,cabai merah segar Rp 100 ribu/kg dan cabai merah kering Rp 140 ribu/kg.

“Kemudian untuk harga gas LPG 3kg di pengecer Rp 25 ribu per tabung. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir atau panic buyying karena ketersediaan bapok di tapin aman terkendali bahkan hingga lebaran nanti”, tandasnya.(Ron).