Yayasan I.J. Kasimo dan Faktultas  Kedokteran Atma Jaya Gelar Baksos Kesehatan “Semana Santa 2024”  di Larantuka

BERITA, D.K.I JAKARTA538 Dilihat

JAKARTA,KABARDAERAH.COM-Dalam sejarah kerajaan-kerajaan Nusantara jarang atau tidak pernah tertulis kerajaan Katolik di Nusantara. Dalam kenyataan kerajaan Larantuka adalah satu-satunya Kerajaan Katolik di Nusantara.

Untuk diketahui bahwa, awal abad ke 16 Portugis menginjakkan kakinya di kota Larantuka (Lewonama Wata Beta, Tanah sidi gawe Larantuka). Dalam abad ke 16 juga oleh Raja Larantuka menyerahkan taktha kerajaan Larantuka kepada Tuan Ma (Bunda Maria) sebagai penguasa kerajaan Larantuka.

Maka, inilah awal Dasar ritual Religi semana Santa Larantuka, yang berlangsung sejak saat itu hingga kini, walaupun dalam keadaan covid-19.

Momen ini bagi Yayasan Ignatius Joseph Kasimo mau menyampaikan kepada Masyarakat Indonesia bahwa, ada kerajaan Katolik Nusantara, dengan nuansa – nuansa religi kekhatolikan yang mewarnai kehidupan sosial Budaya Masyarakat Larantuka dan Lamaholot pada umumnya. Inilah arti bhineka tunggal ika.

Menyambut peringatan  Jumat Agung Paskah 2024, Yayasan Ignatius Joseph Kasimo, telah mengadakan beberapa kali Bhakti Sosial Kesehatan di tanah air.

Dalam kegiatan semana santa ini Yayasan I.J. Kasimo ikut berpartisipasi menghadirkan para relawan kesehatan dari fakultas Kedokteran Atma Jaya dan dokter-dokter alumni Atma Jaya dengan jumlah dokter 27 dokter, sebagai wujud kerja sama Bhakti Sosial di Wilayah Flores Timur. Kegiatan bhakti sosial kesehatan ini selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Flores Timur.

Berikut adalah Jadwal kegiatan Bhakti sosial kesehatan masyarakat Semana Santa 2024 di Kabupaten Flores Timur Kora Larantuka yang dimulai tanggal 26 hingga tanggal 29 maret 2024, dengan rincian kegiatan antara lain :

1. Tanggal 26 maret 2024 kegiatan bhakti sosial diadakan di Pulau Solor dan Adonara.
2. Tanggal 27 maret 2024 kegiatan bhakti sosial diadakan di daratan Larantuka yaitu di Tanjung bunga dan desa sekitarnya
3.Tanggal 28 maret 2024 kegiatan bhakti sosial diadakan di daerah Hokeng dan desa sekitarnya
4. Tanggal 29 maret 2024 kegiatan bhakti sosial berpusat di kota Larantuka dalam kaitan dengan bantuan kesehatan bagi para wisatawan rohani prosesi semana santa.

“Yayasan I.J. Kasimo berharap, dengan kegiatan bhakti sosial ini memberikan kenyamanan bagi para wisatawan rohani bahwa ada Lembaga yang bersedia membantu untuk melaksanakan kegiatan ini, sehingga adanya jaminan adanya suasana kebatinan bagi para peserta mengenai kesehatan,” kata Joseph Belawa Liwun,Ketua Umum Yayasan I.J. Kasimo dalam keterangan tertulis di Jakarta,Rabu 13 Maret 2024. * dese dominikus lewuk.