Ini Harapan Pj. Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin saat Menghadiri Rakornas Pengadaan ASN TA 2024

Tapin.KabarDaerah.com –Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin bersama Kepala BKPSDM Kabupaten Tapin hadiri rapat koordinasi persiapan pengadaan ASN TA 2024 dengan Menteri PAN dan RB RI, Abdullah Azwar Anas, di Hotel Bidakara Jakarta. Kamis (14/3/2024).

Hadirnya Pj Bupati Tapin pada Rakor tersebut menindaklanjuti surat Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi nomor : B/831/M.01.00/ 2024 tentang persiapan pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun anggaran 2024.

Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin menuturkan, rakor tersebut membahas tentang arah kebijakan dan urgensi pemenuhan ASN tahun anggaran 2024, serta proyeksi kebutuhan ASN TA 2024.

Kemudian,membahas terkait proyeksi penyelarasan pegawai Non – ASN, optimalisasi pengisian ASN serta alur perencanaan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun anggaran 2024.

“Ini agenda strategis dan merupakan kepentingan daerah, terkait pengadaan ASN tahun anggaran 2024”,ujarnya.

Menurutnya, rakor tersebut sangatlah penting diikuti, karena memaparkan mengenai prinsip – prinsip,tujuan dan data mengenai formasi yang disediakan mulai tingkat pusat hingga daerah yang harus dipenuhi setiap instansi.

Pj. Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin (2 dari Kiri).(Foto:ProkopimSetdaTapin).

Diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) dan RB RI menyampaikan bahwa rekrutmen ASN kali ini sangat penting dengan prioritas pemenuhan pada talenta digital, Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), serta SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya mengatakan, pemerintah melalui Kementerian PAN dan RB telah menetapkan sebanyak 1.289.824 kebutuhan ASN nasional tahun 2024.

Menurutnya, jumlah tersebut merupakan total dari penetapan kebutuhan untuk 75 kementerian dan lembaga antara lain sebanyak 427.850 serta 524 pemerintah daerah (Pemda) sebanyak 862.174.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Anas juga memberikan penghargaan atas Komitmen dalam Pemenuhan Kebutuhan ASN dan Penataan Tenaga Non-ASN Berdasarkan UU No. 20/2023 kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Antara lain ATR/BPN Provinsi Aceh, Kabupaten Bandung, Kota Bekasi dan Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, Menteri Anas juga memberikan izin prinsip kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang hadir.

Kegiatan juga diisi pemaparan kebijakan terkait pengadaan pegawai ASN T.A 2024 oleh Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto dan Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes Arianti Anaya, serta Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel teknis perencanaan kebutuhan pegawai ASN serta kebijakan terkait PAN dan RB. Pada Rakornas, juga dirangkaikan dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri PAN dan RB tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah TA 2024.

Hadir dalam kesempatan ini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Kepala LKPP Hendrar Prihadi, Plt. Kepala LAN M. Taufiq, Kepala ANRI Imam Gunarto, para kepala daerah, serta perwakilan dari kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.(Ron).