Objek Wisata Peridon Resort Siap Kenalkan Pasbar Hingga Mancanegara

Pasbar | Kabardaerah.com — Objek wisata Peridon Resort di Areal Sungai Batang Batahan, Lubuk Manggis, Jorong Aek Nabirong, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat berencana menggelar Festival Dragon Boat.

Dragon Boat yang merupakan salah satu kegiatan olahraga bertaraf internasional dan juga akan diperlombakan pada ajang Asian Game mendatang.

“Benar, festival ini akan dimeriahkan pada saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pasaman Barat. Setelah itu akan ikut sebagai arena Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat Tahun 2020 yang akan datang,” ungkap Najjar Lubis selaku owner objek wisata peridon resort dan juga merupakan salah satu pengusaha sukses di kabupaten Pasaman Barat.

Dipaparkan, Kita akan terus berupaya memperbaiki arena Dayung Perahu Naga dan Arum Jeram ini sampai tuntas. Apalagi, olah raga ini sudah lama diimpikan oleh masyarakat Pasaman Barat,” paparnya.

Selain itu, Najjar juga mengungkapkan, dengan seizin Allah Subhana Wa Ta’ala kita akan membangun beberapa wahana lainnya seperti Kolam Ikan seluas 25 hektare, Water Boom, Arung Jeram sepanjang 7 kilometer, Wisata Buah sebanyak 30ribu batang, Pasar Rakyat, Sirkuit Motor Cross, Lapangan Sepak Bola, Lokasi Dayung Sampan sepanjang 800 meter, dan Arena Panjat Tebing.

“Semua program ini sudah mulai kita kerjakan dari 7 tahun yang lalu dan saat ini diperkirakan sudah selesai 30 persen dari yang direncanakan. ‘Insha Allah kalau tuhan mengizinkan tahun 2020 nanti sudah mencapai 50 persen. Namun tanpa dukungan dari pemerintah mustahil program ini akan tercapai.

Oleh sebab itu saya mohon dukungan dan doanya baik dari masyarakat maupun dari pemerintah, kemudian saya siap mendukung apa pun program kegiatan khususnya pemuda Pasaman Barat,” ungkapnya sembari berharap.

Lanjutnya lebih dalam, selain arena Dayung Perahu Naga dan Arum Jeram. Juga akan diadakan lomba Cabang Olahraga (Cabor) lainnya seperti Lomba Panahan, Sepeda Gunung, Sepeda Road, Perlombaan Kesenian Tradisional Pasaman Barat dan berbagai perlombaan lainnya.

“Semua cabang obor itu akan kita buat arenanya di wilayah Lubuk Manggis, Jorong Aek Nabirong. Ini sudah dibicarakan dengan Pemerintah Daerah Pasaman Barat. Terkhusus untuk Perahu Dayung Naga, sudah dibicarakan dengan Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Pasaman Barat,” ujarnya lagi.

Ditambahkan Najjar, “ini saya lakukan demi kabupaten Pasaman Barat, agar lebih dikenal sampai manca negara. Karena, Pasaman Barat sangat butuh bantuan masyarakat untuk berbuat dalam menunjang kepariwisataan. Khususnya di Kabupaten Pasaman Barat dan Provinsi Sumatera Barat pada umumnya.

Ditempat lain, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasaman Barat melalui Sekretaris Dinas (Sekdis), Defi Irawan, S.Pd saat dikonfirmasi awak media melalui telepon selularnya mengatakan, ia sangat mengapresiasi terobosan yang dibuat Peridon Resort, karena selain dapat meningkatkan minat wisatawan luar untuk berkunjung, tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar nantinya,” katanya.

“Kita mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi hal itu. Karena disamping dapat mengenalkan Pasaman Barat ke manca negara, hal ini dapat mendorong ekonomi masyarakat sekitar tempat wisata untuk punya penghasilan yang lebih baik nantinya,” ucapnya.

“Kemudian kita dari Pemerintah Daerah siap membantu mempromosikan. Dalam hal ini melalui bidang promosi dan usaha dari Dinas Pariwisata kabupaten Pasaman Barat. Kami juga menghimbau kepada masyarakat Pasaman Barat, agar memanfaatkan objek wisata lokal dari pada berwisata keluar daerah. Sebab, kalau kita masyarakat sendiri tidak minat, bagaimana orang luar akan tertarik,” tutupnya mengakhiri. (***)