Persiapan Musim Haji Tahun Ini Hampir Final, Hanya Urusan Dokumen Jemaah

TERBARU53 Dilihat
Foto: Ist

JAKARTA — Menteri Agama Lukman Hakim memastikan sarana dan prasarana haji di Mekkah maupun Madinah sudah siap 100 persen. Hanya dokumen para jamaah yang belum seluruhnya tuntas.

“Haji alhamdulillah mendekati final, persiapan di Tanah Suci hampir 100 persen. Semua hotel di Mekkah dan Madinah, katering, transportasi,” kata Lukman Hakim, seperti dilansir detikcom, Sabtu (8/7/2017).

Menteri Agama ini juga mengaku pihaknya saat ini tinggal konsentrasi menuntaskan yang ada di Indonesia terkait dokumen perjalanan jemaah haji. “Tinggal konsentrasi di Tanah Air khusus dokumentasi perjalanan seperti paspor, visa harus diselesaikan secara bertahap,” imbuh dia.

Belum selesai dokumen perjalanan haji dikarenakan bertambahnya jumlah jemaah yang akan berangkat pada 2017. Namun pihaknya akan terus bekerja dan menyelesaikan dokumen perjalanan jemaah, dimana, waktu yang dimiliki makin mepet karena 28 Juli merupakan pemberangkatan kloter pertama dari 13 embarkasi di Indonesia.

“Karena jumlah kita alami penambahan luar biasa dibanding tahun lalu. Penambahan 52.200 orang total sekarang sebanyak 221 ribu. Ini butuh fokus perhatian seksama karena sisa waktu tinggal hitungan hari,” pungkas Lukman. (KD/Jkt-1)

Tinggalkan Balasan