KPU Kota Tidore Meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP)

TERBARU117 Dilihat

TIDORE, Kabardaerah.com – KPU Kota Tidore meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP), bernama Sapilu (Sabua Pintar Pemilu), RPP ini merupakan program KPU Pusat untuk media sosialisasi dan edukasi bagi seluruh masyarakat, Senin(21/8).

Ketua Divisi SDM dan Parmas Reni Banjar,ST mengharapkan, dengan hadirnya RPP ini akan meningkatkan pengetahuan dan partisipasi warga masyarakat Kota Tidore Kepulauan, terutama bagi pemilih pemula, pemilih perempuan  dan masyarakat umumnya  dalam pemilihan kepala daerah 2018 maupun pemilihan umum serentak nasional tahun 2019″ nanti.

Tujuan umum didirikan rumah pintar pemilu ini, untuk meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh penyelenggaraan pemilu maupun pilkada dan Sabua Pintar Pemilu dapat menjadi pusat informasi kepemiluan.

Disamping itu, Sabua Pintar pemilu mempunyai tujuan khusus, yaitu untuk megedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu. RPP mempunyai sasaran adalah masyarakat umum dan seluruh segmentasi yang terdapat dalam masyarakat.

Pada peresmian Rumah Pintar Pemilu ini hadir ketua KPU Provinsi dan anggota serta tamu undangan dari stakehokders pemerintah kota Tikep.

Disamping itu dalam pembukaan RPP Sapilu (Sabua Pintar Pemilu) memang diundang seluruh elemen masyarakat, termasuk perwakilan pelajar se kota tikep dan perwakilan guru. serta OKP yang ada di Kota Tidore Kepulauan, Untuk memenuhi standar rumah pintar pemilu dari KPU RI maka KPU Tidore Kepulauan menyediakan ruang audio visual, simulasi, display dan forum grup diskusi, serta perpustakaan mini.

Sementara kehadiran RPP Sapilu ini dinilai sangat membantu dan memudahkan tugas KPU Kota Tidore Kepulauan dalam sosialisasi maupun mengedukasi tentang penyelenggaraan pemilu kepada seluruh elemen masyarakat.Harapan kedepan agar masyarakat maupun pelajar dan mahsasiswa ikut berpartisipasi aktif mengikuti pedidikan tentang demokrasi.

Penyelenggaraan pemilu maupun pilkada di Sapilu Kota Tidore Kepulauan yang memang akan diadakan edukasi berbagai materi tentang kepemiluan serta simulasi di RPP Sabua Pintar Pemilu KPU Tidore Kepulauan.

Selain itu juga dalam sambutanya ketua KPU Provinsi maluku utara, Sahrani Somadayo mengatakan “Dirinya berharap, agar dalam peresmian rumah pintar dalam memberikan penyadaran kepada masyarakat, betapa penting pemilu ini, karenakan setiap pemimpin di pilih melalui pemilu dan ini merupakan  hak rakyat”Terangnya.

Hal yang senada juga di sampaikan ketua KPU Kota Tidore, Mohctar alting “lewat rumah pintar pemilu inilah akan mengajarkan tingkat kesadaran masyarakat untuk dapat turut berpartisipasi dalam pemilihan terutama pada pemilih pemula”Tandasnya. (HD)

Tinggalkan Balasan