Penggunaan e-Voting Dalam Pilkades Sangat Efisien

TERBARU102 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Derah ( DPRD) Kabupaten Sarolangun melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Agam. Daerah ini dinilai merupakan Kabupaten yang sukses dalam pelaksanaan sistem e-voting.

Kabid BK2N BPMPN Kabupaten Agam, Widyastuti, Rabu mengatakan, pelaksanaan e-Voting berjalan dengan baik di Agam Dan mendapat perhatian banyak daerah salah satunya dari DPRD Sorolangun. Jauh lebih praktis.

“ Bersama sekretariat dewan Kamis kemarin sudah dijelaskan kepada Kabupaten Sorolangun. Agar berjalan lancar kita juga melaksanakan simulasi sehari sebelum pelaksanaan Pilwana dilakukan,” katanya.

Untuk sarana pada pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) di Kabupaten Agam sendiri menggunakan 50 unit perangkat, seperti aplikasi e-voting, alat pembaca kartu tanda penduduk, komputer beserta perangkat lain, mesin pencetak (printer).

“Sebelum dilaksanakannya Pilwana, kita juga melaksanakan sosialiasi terkait dengan pelaksanaan pemilihan dengan sistem e-Voting ini,” jelas Widyastuti.

Wakil Ketua DPRD Sarolangun mengatakan,kunjungan tersebut guna untuk mencari informasi serta study banding terkait dengan mekanisme pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa menggunakan sistem e-Voting.

“ Kabupaten Sarolangun sendiri merupakan pertama kalinya melaksanakan pemilihan melalui sistem e-Voting. Banyak informasi yang didapat pendapat terkait pelaksanaan Pemilihan Kepada Desa dengan sistem e-Voting, di Kabupaten Agam,” jelasnya.

Rombongan DPRD Kabupaten Sarolangun yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sarolangun Hapis Hasbiallah, didampingi Ketua Komisi I Hermi, Wakil Ketua Komisi I M. Lutfi, Sekretaris DPRD Sarolangun Sy. Arif Arizal, dan Anggota Komisi I itu, disambut oleh Sekretaris DPRD Agam.

Pada kesempatan itu, rombongan DPRD Kabupaten Sarolangun disambut langsung oleh Sekretaris DPRD Agam, Indra, didampingi oleh Kabag Umum Boy Vetris ,kasubag humas Hasneril Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari (BPMPN) Kabupaten Agam.

Dalam sambutan pembukaan Sekretaris DPRD Agam Indra mengucapkan mohon maaf dari Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra yang tidak bisa hadir bersama -sama dalam acara ini karena ada tugas diluar daerah, sekwan juga merasa senang atas kedatangan rombongan DPRD Surolangun. ***
(Gunawan/re)