Masyarakat Indonesia Sumbang rakyat Palestina sebesar Rp 1,5 miliar

LIPUTAN KHUSUS219 Dilihat

DKI.KABARDAERAH.COM- Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyalurkan dana sumbangan masyarakat Indonesia untuk rakyat Palestina sebesar Rp 1,5 miliar.

Dana itu diserahkan sekaligus dalam rangka memenuhi undangan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk menghadiri konferensi ke-9 Pembebasan Al-Quds di Ramallah, Palestina, pada Rabu hingga Jumat (11-13/04/2018) lalu.

Namun, delegasi Indonesia yang juga Ketua Bidang Luar Negeri MUI, KH Muhyiddin Junaidi, mengatakan, sangat disayangkan karena semua peserta dari mancanegara tidak diperbolehkan masuk ke Ramallah oleh otoritas keamanan Israel.

“Secara politis kemanan dipegang oleh Israel, oleh karena itu saya terpaksa berada di Amman (Yordania) tinggal di wisma Indonesia bersama duta besar,” ujarnya di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Rabu(17/04/2018).

Di sana, Muhyiddin menjelaskan, pihaknya meminta kepada Mufti Palestina untuk mengirim utusan sekaligus menerima sumbangan dari Indonesia yang dibawa MUI sekitar 120 ribu USD atau Rp 1,5 miliar.

“Mereka datang ke Amman, kami serahkan sumbangan itu,” paparnya.

Muhyiddin menyebut, begitulah kondisi bangsa Palestina di negaranya sendiri, dimana mereka mengundang untuk konferensi tapi mereka tidak punya hak untuk mengizinkan para tamu masuk ke dalam. (Gunawan/rel)