PAD Muba Hanya 300 Miliar

LIPUTAN KHUSUS44 Dilihat

Sumsel.kabardaerah.com – Plt Bupati Muba, Beni Hernedi mengatakan Pemkab Muba harus lebih selektif dalam memilah program prioritas dalam pembangunan. Pasalnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Muba sangat kecil hanya dalam kisaran 300 miliar setahun, sementara usulan dalam Musrenbang setiap tahunnya mencapai 10 triliun.

“Walau PAD kita cuma 300 miliar patut kita syukuri APBD Muba bisa mencapai 3 triliun karena Muba ada dana bagi hasil dari migas. Artinya perlu sumber lain untuk meningkatkan pendapatan daerah yang salah satunya adalah pajak. Pajak perlu dikelola dengan baik sehingga menghasilkan peningkatan pendapatan daerah, kata Beni, dalam kunjungan kerja dalam rangka Rapat Koordinasi evaluasi dan monitoring di Kecamatan Babat Supat, Jumat, (20/4).

Setelah dilaksanakan dibeberapa kecamatan sebelumnya, lanjut Beni, rapat koordinasi juga dilaksanakan di Kecamatan Babat Supat. Beni juga didampingi Asisten I Pemkab Muba H. Rusli dan sejumlah Kepala Dinas yang tupoksi nya bersentuhan langsung dengan rapat tersebut termasuk satgas penyelesaian Agraria.

Terkait permasalahan Agraria, lanjut Beni, harus cepat diselesaikan dan jelas duduk permasalahannya. Berbeda dengan rapat rapat sebelumnya yang hanya dilakukan camat dan Kades, sekarang dari atas turun kebawa dalam artian unsur Kabupaten yang turun kebawah.

Pertemuan tersebut akan menjadi acuan skala prioritas terkait urgensi dan skala prioritas dengan daya guna yang lebih menyentuh kepentingan masyarakat banyak.

“Yang perlu kita bangun itu adalah jembatan yang mau rubuh, bukan yang masih bagus, apalagi yang belum ada jembatan. Saya juga baru tahu kalau di Babat Supat belum ada aula kecamatan seperti laporan pak camat tadi dan insyaallah akan kita bangun”ujarnya.

Sebelumnya , dalam laporannya, Camat Babat Supat, Marko Susanto menyampaikan bahwa di Kecamatan Babat Supat belum terdapat balai pertemuan kecamatan yang seharusnya bisa menjadi sarana pertemuan baik internal kecamatan dan masyarakat Babat pada umumnya.

“Kami butuh ruangan serba guna dikecamatan Babat Supat ini, semoga kebutuhan kami ini bisa terpenuhi, “pungkas nya. (dani)