Uji Kompetensi Keahlian Bagian intervensi Pemerintah Dalam Jamin Mutu Pendidikan

LIPUTAN KHUSUS49 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Sebanyak 86 orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Plus Perbankan Bougenville dari tiga jurusan, Akuntansi, Multimedia dan Teknik Komputer Jaringan mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.

Wakil Kepala SMK Plus Perbankan BGV Bidang Kurikulum, Zikri, Minggu mengatakan, ujian dilakukan sesuai bidang keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.

Uji Kompetensi keahlian adalah bagian dari intervensi pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Usai mengikuti Ujian Nasional pada awal April lalu, ujian Kompetensi Keahlian (UKK) juga penting dilakukan.

“ UKK ini penting karena nanti siswa akan memperoleh sertifikat kompetensi keahlian. UKK merupakan syarat bagi kelulusan siswa, karena ini menentukan keahlian siswa dalam bidang mereka,” katanya.

Dikatakannya, dari 86 orang siswanya yang mengikuti ujian kompetensi keahlian ini terdiri 40 orang siswa Multimedia, 19 orang siswa jurusan TKJ, 27 orang siswa jurusan Akuntansi.

“ Jurusan akuntansi, UKK dilaksanakan pada 9-10 April, kemudian jurusan Teknik Komputer Jaringan pada 19-20 April, bersamaan dengan jurusan Multimedia pada 20-21 April 2018. Pelaksanaan UKK dilakukan selama dua hari per masing-masing jurusan,” jelasnya.

Ia juga optimis siswa kelas XII SMK Plus Perbankan Bougenville tahun ini lulus 100 persen. “ Kita berharap siswa lulus dengan nilai yang bagus dan dapat memiliki keahlian sesuai dengan program studi yang dipelajari,” jelasnya

Zikri menambahkan, ada sebagian langsung kerja dan ada sebagian melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah. Secara prinsip
Lulusan SMK Plus Perbankan Bougenville dipersiapkan untuk siap bekerja di dunia kerja seperti industrial dan perkantoran. **

(gunawan/rel)