Antisipasi Lonjakan Penumpang Hari Libur, Terminal Tamanan Bakal Tambah Armada Bus

KEDIRI.KABARDAERAH.COM– Mengantisipasi pelonjakan penumpang saat jelang libur panjang ramadhan dan idhul fitri, Terminal Tamanan Kota Kediri bakal tambah armada bus. Namun, penambahan ini masih dikoordinasikan kepada Kementrian Perhubungan Provinsi.

Ditemui di ruang kerjanya, Kasub Kementrian Perhubungan Terminal Tamanan Kota Kediri Masnun biasanya penumpang mengalami pelonjakan menjelang ramadhan dan hari raya.

“Biasanya, karena tiket kereta api banyak yang sudah terjual untuk liburan puasa serta lebaran, penumpang biasanya mengambil angkutan alternatif yaitu bus. Maka tidak dipungkiri jumlah penumpang akan naik,” katanya saat ditemui di ruang kerja.

Meskipun demikian pihak Terminal Tamanan enggan gegabah menentukan tambahan jumlah armada bus. Pihaknya masih menunggu koordinasi dengan kementrian perhubungan provinsi dan beberapa daerah lain.

“Untuk tambahan armada jelas akan kita lakukan, tetapi kita masih menunggu hasil rapat di Malang besok senin,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Masnun juga merencanakan untuk mendatangi sejumlah perusahaan otobus baik antar kota dalam provinsi (AKDP) atau antar kota antar provinsi (AKAP) guna melihat kesiapan mereka.

Ia pun memprediksi jumlah penumpang berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya. Lebaran tahun lalu jumlah penumpang hingga 91.522 orang. Terlebih dengan adanya kebijakan libur pegawai negeri sipil (PNS) saat lebaran.

“Jadi kemungkinan busa lebih banyak lagi. Jumlahnya bisa membludak sampai 100 ribu penumpang. Sedangkan Terminal Tamanan Kota Kediri mencatat ada 350 armada setiap hari selama libur lebaran,” pungkasnya.

Kar/Tyas