Riset dan Kerjasama Dalam Kebencanaan Sangat Penting Antisipasi Dampak Bencana

TERBARU39 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam mengikuti Pameran Kebencanaan dalam rangka Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Riset Kebencanaan ke 5 Tahun.

Kepala Pelaksana BPBD Agam Mhd. Lutfi,  didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Yunaidi.S, Senin mengatakan, BPBD Agam dalam setiap kegiatan apapun selalu berupaya terlibat aktif.

” Pameran Kebencanaan di Aula Dasar Masjid Raya Sumatera Barat, berlangsung tanggal 2-4 Mei 2018 di Padang kita juga ikut serta.  pertemuan ilmiah tahunan tentang riset kebencanaan yang ke 5 tahun 2018 ini perlu kita ikuti,” katanya.

Dikatakannya, dalam kesempatan itu juga berbagi bagaimana pelaksanaan penanggulangan bencana yang dilakukan BPBD bersama pemerintah kabupaten kota lain di Sumatera Barat serta bentuk bantuan apa yang diberikan oleh BNPB termasuk NGO.

” Pameran ini sangat penting dimana  dilaksanakan bersama BNPB, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dan Perguruan Tinggi Unand. Intinya melihat sejauh mana  pelaksanaan penanggulangan bencana di lapangan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga  Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI) dan lembaga sosial menjelaskan bagaimana membangun dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kebencanaan untuk mengurangi risiko bencana.

” Kami juga mendukung riset dan kerjasama dengan pemangku kepentingan baik nasional maupun internasional yang bergerak di bidang kebencanaan,” jelasnya. ***

(Gunawan/rel)