Wabup Halbar Ikhlaskan Gaji Sebulan Untuk Pengangkutan Rastra

Jailolo, kabardaerah.com – Wakil Bupati Halmahera Ahmad Zakir Mando (AZM) mengiklaskan gajinya sebulan untuk anggaran pengangkutan beras bagi keluarga Sejahtera (Rastra) di seluruh Kecamatan se-Halbar.

Hal tersebut disampaikan AZM saat rapat bersama, Asisten II,  Staf ahli,  Kadis Sosial dan sejumlah Tenaga Kesejahteraan Sosial Kemasyarakatan (TKSK) di ruang Rapat Wabup, (28/5/2018) tadi.

Dalam rapat itu, AZM meminta penjelasan dari Kadinsos Halbar, Samsuri Majid, apa yang menjadi penyebab sehingga penyaluran Rastra mengalami keterlambatan, apakah dari pihak pemkab atau pihak Bulog.

Samsuri dalam kesempatan tersebut menjelaskan, keterlambatan penyaluran Rastra mungkin karena belum adanya anggaran operasioanal. Dan Dinsos telah berulang kali meminta anggaran tersebut di bagian keuangan namun tidak digubris.

“Kalau bisa pak Wakil bantu mempresur di Keuangan agar anggaran cepat dicairkan,” kata Kadinsos Halbar.

Mendengar jawaban Samsusri, AZM dengan nada keras mengatakan bahwa anggaran tersebut adalah milik dinas dan sangat tidak pantas wabup yang melakukan presure.

“Kamu (Samsuri) tidak punya etika, saya ini wakil bupati masa kamu perintah saya. Perlu saya beritahukan kepada kamu (Samsuri) tidak ada kepala pimpinan yang bisa perintah kepada saya, yang bisa perintah saya itu adalah masyarakat,” kata wabup.

Dari penjelasan kadinsos, wabup menyimpulkan bahwa keterlambatan penyaluran bantuan Rastra selama kurang lebih 3 – 5 bulan ditahun 2018 ini karena belum ada dana sharing operasional pengangkutan Rastra ke desa yang menerima dari pemkab Halbar.

“Jadi saya mengambil keputusan, terkait dengan anggaran operasional pengangkutan Rastra menjadi tanggung jawab pribadi saya,” kata wabup.

Dia pun meminta kepada para TKSK agar menghitung semua anggaran pengangkutan Rastra ke lokasi yang dituju.

“Dihitung sebagai amal dibulan puasa, dan gaji sebulan yang saya buka untuk transportasi pengangkutan beras, tidak akan rugi karena masyarakat yang mengantarkan saya menjadi Wabup,” ucapnya.

Tambahnya, karena sudah ada info dari Bulog, besok akan didistribusikan Rastra ke Halbar, sehingga akan menjemput beras dan melihat langsung pembagiannya kepada masyarakat. (Zulfikar.Saman)