Disperindagkop UKM Daerah ini Dorong Pejualan Produk UMKM Lewat Online

SUMBAR.KABARDERAH.COM- Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil & Menengah (Disperindagkop UKM) Agam, melalui kadairangagam.id, sistem perdagangan elektronik berbasis internet, mendorong meningkatkan kedekatan pasar antara penjual (UMKM) dengan para pembeli.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil & Menengah (Disperindagkop UKM) Agam Aryati mengatakan, pemanfaatan TI adalah suatu keniscayaan. Kalau mau berkembang cepat ya harus pakai TI. Bisa dilihat sendiri hasilnya sendiri bagaimana negara berkembang karena ditunjang TI.

Ia yakin produk UMKM di Agam, tidak kalah dengan produk-produk daerah lainnya. Tentu dibutuhkan upaya inovasi dan promosi yang lebih intens. Program e-Commerce yang digagas bersama PT.BRI sangat bagus.

“ Kami juga berterima kasih atas perhatian BRI terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Agam. Ini diharapakn juga menambah wawasan masyarakat tentang pemanfaatan TI untuk mendorong bisnis pelaku UMKM,” katanya.

Pimpinan PT.BRI Wilayah Padang, Joni Alwadri dalam, mengatakan, di era digital, untuk menguatkan UMKM, harus menggunakan TI. Tujuannya agar daya saing UMKM meningkat, pangsa pasarnya meluas serta lebih menguntungkan.

Dengan TI, pedagang dan pembeli bisa bertransaksi langsung tanpa menggunakan tempat dan menunggu terlalu lama. Memasarkan produk menjadi mudah, tidak harus membuka toko, tapi cukup melalui online, cepat, efektif dan efisien. (Gunawan/rel)