Dosen Jurusan PLS UNP Bekali Guru PAUD Keterampilan Membuat Animasi Berbasis Web

TERBARU89 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM – Agar mampu bersaing di era kemajuan teknologi dan informasi, sejumlah dosen dari Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (FIP UNP) bekali guru PAUD keterampilan membuat bahan ajar berupa animasi berbasis website.

Pembekalan keterampilan terhadap 25 guru PAUD tersebut merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat (PKM) dosen PLS UNP yang berlangsung 8 hingga 13 Juli 2019 di Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Darma Koto Tangah Kota Padang.

Ketua Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kecamatan Kota Tangah Kota Padang, Desi Susanti mengatakan para pendidik anak usia dini harus mampu mengimbangi kemajuan teknologi dan informasi.

“Kami menyadari dengan perkembangan teknologi di bidang internet sudah seharusnya pendidik paud memiliki keterampilan membuat media animasi berbasis web dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD sehingga dapat menghasilkan anak didik yang cerdas, berkarakter, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Dewi saat membuka pelatihan, Rabu (8/7/2019).

Dikatakannya lebih lanjut kegiatan pelatihan tersebut akan sangat bermanfaat bagi pendidik PAUD. Menurutnya, sebelumnya belum pernah pendidik PAUD memperoleh pelatihan membuat media animasi berbasis web.

“Untuk itu kami sangat mengapresiasi pengabdian yang dilakukan dosen PLS UNP ini. Semoga dapat diikuti dengan khitmat,” imbuh Desi.

Sementara itu, Ketua PKM Jurusan PLS UNP, Dra. Wirdatul ‘Aini, M.Pd, menyebutkan keterampilan membuat media pembelajaran animasi berbasis web, bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas pendidik PAUD di Kecamatan Koto Tangah Padang.

“Kegiatan pelatihan ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pendidik PAUD jalur pendidikan nonformal untuk membuat media pembelajaran yang sesuai dengan tumbuh kembang anak usia dini,” sebutnya.

Disamping itu, lanjut Wirdatul, media pembelajaran yang digunakan selama ini masih bersifat sederhana dan tradisional. Untuk itu menurutnya perlu peningkatan pengetahuan pendidik PAUD tentang konsep pendidikan anak usia dini, karakteristik pembelajaran untuk anak usia dini.

“Selain itu tujuan kegiatan ini untuk menambah pengetahuan pendidik tentang konsep kreatifitas dan pentingnya dalam menciptakan media pembelajaran untuk anak usia dini, dan menambah keterampilan pendidik dalam pembuatan bermacam-macam media animasi berbasis web,” terangnya lagi.

Kegiatan PKM Dosen Jurusan PLS UNP kali ini, selain diketuai Dra. Wirdatul ‘Aini, M.PD juga beranggotakan Dra. Setiawati, M. Si dan Alim Harun Pamungkas, M. Pd, beserta sejumlah mahasiswa jurusan PLS. (KD/Depit)