Pemda Pultab Sepakat Anggarkan Pengamanan Pilkada 2020 Sebesar 3 Miliar

POLITIK18 Dilihat

MALUKU UTARA. KABARDAERAH.COM- Pemerintah daerah kabupaten pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, sepakati anggaran pengamanan khusus kepolisian polres kepulauan Sula pada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2020 mendatang sebesar 3 miliar rupiah.

Sebagaimana di sampaikan oleh kepala Bappeda kabupaten pulau Taliabu,Hi.Syamsudin Ode Maniwi,pada sejumlah awak media di halaman kantor bupati pulau Taliabu,Rabu (16/10/2019) sore kemarin.

“Jadi berdasarkan hasil rapat kesepahaman kami dengan pa Waka polres kemarin itu kami sepakati anggaran pengamanan Pilkada tahun 2020 ini sebesar 3 milyar rupiah, anggaran 3 milyar ini hanya untuk pihak kepolisian saja,” ungkap syamsudin.

Disinggung soal anggaran pengamanan untuk TNI, Syamsudin menambahkan bahwa, dalam regulasi tidak mengatur anggaran pengamanan untuk TNI (Tentara) akan tetapi pemerintah daerah telah mempersiapkan anggaran tersebut sehingga ketika di butuhkan maka anggarannya telah tersedia.

“Jadi untuk anggaran pengamanan Pilkada buat TNI ini tidak di atur dalam regulasi, untuk itu anggaran pengamanan buat TNI itu tidak ada, akan tetapi kami telah persiapkan apa bila pada waktunya di butuhkan maka anggaran itu sudah ada,” jelasnya.

Lanjutnya ,Terkait perbandingan jumlah besar anggaran pengamanan polisi pada pilkada tahun 2015 dan pada pilkada tahun 2020 nanti terjadi perbedaan yang cukup segnifikan, sebab anggaran pengamanan Pilkada tahun 2015 di bawah 3 milyar sementara pada pilkada 2020 nanti melonjat menjadi 3 milyar rupiah, hal ini juga di akui oleh kepala Bappeda pultab.

“Memang benar pilkada tahun 2020 ini anggaran pengamanan cukup besar di bandingkan dengan anggaran pengamanan pada pilkada 2015 lalu, untuk jumlah besar anggaran Pilkada 2015 itu saya tidak ingat lagi tapi yang jelas anggaran pengamanan Pilkada 2020 ini cukup besar,” pungkasnya. ***

(Hermawan/Yanguji)