Gempa Bumi Tektonik M 3.1 Mengguncang Kota Parepare, Tidak Berpotensi Tsunami

LIPUTAN KHUSUS219 Dilihat

SULSEL.KABARDAERAH.COM- Hari ini tepatnya Kamis, 14 November 2019, wilayah Kota Pare-pare diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa terjadi pada pukul 18:28:19 Wita,  berkekuatan M=3.1 SR. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.00 LS dan 119.63 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 Km Timurlaut Kota Pare-pare, Sulawesi Selatan pada kedalaman 4 km.

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal yang berdekatan dengan pusat epicenter.

Berdasarkan laporan masyarakat, kedua gempabumi ini dirasakan di Pare-pare II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Salah satu tokoh Pemuda Kota Parepare, Andi Udin, saat di hubungi mengungkapkan, “kepada masyarakat kita dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg),” tuturnya.

Hal senada juga di ungkap Darmawan .S.Si, M. Si, Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, “Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG, jangan terpancing dengan isu-isu yang belum jelas kebenarannya,” singkatnya. ***

(FW/RSH)