Partai Indonesia Terang Minta, PBB Hentikan Konflik Palestina-Israel,Hadirkan Love Peace

BERITA UTAMA73 Dilihat

JAKARTA,KABARDAERAH.COM-Ketua Dewan Pembina Partai Indonesia Terang (PINTER),Dr. Gempar Soekarnoputra,SH.,M.H, menegaskan, bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan 5 Anggota tetap Dewan Keamanan PBB harus menghentikan konflik yang tengah terjadi antara Palestina dan Israel. Pernyataan itu menyikapi peristiwa kekerasan senjata yang dilakukan oleh Pemerintahan Israel terhadap rakyat/masyarakat bangsa Palestina pada beberapa pekan ini.

‘Partai Indonesia Terang (PINTER) memandang dan berpendapat, bahwa konflik dan/atau peperangan antara Palestina dan Israel tentu harus dihentikan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).Terutama peran aktif dari 5 anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang semuanya mempunyai hak veto. Sebab dalam konflik kekerasan dan/atau peperangan itu yang menjadi korban adalah Rakyatnya masing-masing yang tidak berdosa,” kata Gempar Soekarnoputra kepada media ini, Selasa (18/5/2021).

“Memang, dalam suatu konflik/peperangan itu masing-masing pihak mempunyai alasan kuat dan saling membela diri serta mencari kebenaran. Namun ujung2nya Rakyat yg tidak berdosa dari masing-masing pihak yang menjadi korban,” lanjutnya menegaskan.

Gempar Soekarnoputra mengutip pepatah “kalah menjadi abu dan menang menjadi arang” yang artinya dua-duanya itu akan merugi sehingga tidak ada gunanya.

“Oleh sebab itu, kedua belah pihak saat ini harus menahan diri dan segera mengadakan gencatan senjata tanpa syarat. Nanti secara bersamaan tentu wilayah yang menjadi sengketa itu diawasi untuk sementara oleh DK PBB. Setelah itu antara pihak Palestina dan Israel diadakan perundingan dengan prinsip win win solution,” saran Ketua Dewan Pembina DPP Partai Indonesia Terang, Partai politik besutan Dr (Cn) Hj.Rizayati,SH.,MM, yang juga penggagas program Indonesia Terang tersebut.

Anak kandung dari Presiden I RI, Ir. Soekarno itu menyarankan agar semua permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dan negara mana pun harus bisa diselesaikan dengan baik-baik tanpa harus jatuh korban jiwa dari para pihak yang sedang berkonflik.

“Semuanya permasalahan tentu bisa diselesaikan dan dicari solusi dengan baik. Semua tentu didasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan. Jangan melibatkan issue-issue politik keagamaan, ras/etnis. Sebab hal itu justru dapat memicu konflik dan permusuhan yang tidak akan berakhir sampai kapanpun,” imbuhnya.

Dr. Gempar Soekarnoputra,SH, MH, Ketua Dewan Pembina Partai Indonesia Terang (PINTER) ini meminta semua pihak harus mengutamakan nilai-nilai kemanusiaan dalam menghadapi konflik apapun.

“Jadi, semua pihak harus membicarakan tentang nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan. Saya yakin bahwa Rakyat Palestina dan Rakyat Israel sangat mencintai perdamaian dan ingin hidup rukun dan damai dengan siapapun.”

Partai Indonesia Terang memandang. lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalului Dewan Keamanan Tetap PBB, memiliki peran sangat penting untuk menciptakan perdamaian di antara bangsa-bangsa. Oleh sebab itu peran PBB tentu sangat diharapkan.

“Menurut saya, tidak perlu menggunakan politik kekuasaan atau pengaruh OKI sebab justru akan memicu lebih kuat sentimen konflik. Libatkan PBB terutama 5 anggota tetap DK PBB yang masing-masing memiliki hak veto tersebut. Maka PBB juga harus mampu menghadirkan ‘Love peace’ terhadap masyarakat dan bangsa yang sedang berkonflik,” ajak Dr.Gempar Soekarnoputra,SH.MH, Ketua Dewan Pembina Partai Indonesia Terang (PINTEE). Sebuah Partai Politik baru yang dideklarasikan 1 September 2020 dengan Ketua Umum atau Presidennya, Dr (Cn),Hj.Rizayati,SH.MM, tokoh perempuan dan pengusaha sukses asal Aceh tersebut. ** (domi lewuk).