Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Siapkan Dana Kurang Lebih 8,8 milyar Bangunan Sentra industri Kopi

TERBARU17 Dilihat

Solok Selatan,kabardaerah.com—- Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Budiman Spd.MM, saat di temui media, senin (27/9/202). Diruang kerjanya mengatakan pembangunan sentra industri kopi melalui dana DAK yaitu kurang lebih 8,8 milyar dan sekarang pembangunan nya lebih di tingkatkan lagi agar mencapai target yang diinginkan sebelumnya, dan kalau dapat sebelum target di tentukan proyek sudah selesai.

Budiman berencana kalau sudah siap proyek, di tahun 2022 di siapkan pengelolanya yang melalui beberapa opsi , baik melalui sipengelola sendiri, Bidang atau melalui OPT , atau di pihak ketigakan, tergantung yang mana lebih efektif dan efisien menurut pimpinan.

Pimpinan menginginkan sentra industri kopi ini jangan sampai terbangkalai, apa bila pembangunan industri kopi ini sudah selesai kita harus memanfaatkan , maka disamping pembangunan fisik ini dirancang pengelolanya karena sentra industri ini hanya solok selatan satu-satu yang ada di sumatra barat ini.

Luas tanah yang di butuhkan lahan sekitar 2,5 hektar, mendapatkan bagian tanah dari BBI pertanian 2,5 hektar, dan di bangun industri mulai dari pengelolahan profesing sampai progesing sampai dengan promosi .
Lokasi BBI GOLDEN ARM.

Dijelaskan Budiman, apa bila pembangunan sentra industri kopi ini sudah selesai nanti akan bisa meningkatkan harga-harga kopi yang ada di solok selatan umumnya khususnya di daerah sangir. Sehingga kita bisa menaikan bendera solok selatan sendiri untuk mengibarkan emfuyou dan kontrak dengan luar negri, Karena solok selatan masih bergabung dengan beberapa perusaahan luar seperti kerinci. Dan juga mengekspor ke luar wergia terakhir sekitar 6,5 ton tetapi melalui harkom.

Apabila industri kopi ini betul-betul beroperasi nanti kita berharap harga kopi bukan orang lain yang menentukan tetapi kita sendiri yang menentukan, misalnya dalam bentuk grinbim, rosebrim , atau bubuk .

Budiman sangat berharap kopi yang diekspor nantinya yang MOU dan kontrak dengan luar negeri sudah langsung dari Solok Selatan bukan melalui Hargo atau Solok Rajo tapi diharap dari pelaku yang ada di Solok Selatan kita komit bagai mana caranya industri-industri yang ada. Industri terangkat otomatis masyarakat pasti akan terangkat. Sehingga kesejahteraan sesuai dengan Visi Misi Bupati Solok Selatan yaitu maju dan sejahtera. ( hy )