Proyek Peningkatan Jalan Balaibaru Balanjuang yang Didanai APBD Kota Padang TA 2021 Diduga Dikerjakan Asal Jadi

Padang, KabarDaerah.com – Proyek Peningkatan Jalan Balaibaru Balanjuang yang didanai oleh dana APBD Kota Padang Tahun Anggaran 2021 ini diduga dikerjakan asal jadi.

Diketahui dari plang proyek, bahwa pekerjaan Peningkatan Jalan Balaibaru Balanjuang dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana PT Lingkar Persada dengan nomor kontrak 014/Kont-PJ/APBD/DPUPR/2021 dan nilai kontrak sebesar Rp.11.203.571.610,- (Sebelas miliar dua ratus tiga juta lima ratus tujuh puluh satu ribu enam ratus sepuluh rupiah).

Disaat Tim Investigasi media ini ke lapangan, terlihat sebelum coran dicurahkan kedalam bekesting, tulangan melintang dengan diameter 12 diletakkan saja dan diduga tanpa adanya angkur dengan menggunakan besi berdiameter 12 yang dibenamkan kedalam lantai kerja.

Habis itu, coran dicurahkan kedalam bekesting dan baru Wire Mesh diletakkan diatas curahan dengan cara Wire Mesh diinjak-injak oleh pekerja ke dalam coran. Berarti, antara Wire Mesh dengan Wire Mesh lainnya diduga tak diikat dengan kawat beton. Kalau dilihat dari potongan A, maka akan terlihat Wire Mesh dengan Wire Mesh lainnya tidak lurus.

Cara kerja seperti ini, diduga tidak sesuai dengan metoda pelaksanaannya. Cara kerja ini akan mengurangi kualitas dan mutu beton.

Tak hanya itu, terlihat juga kontraktor pelaksana mengerjakan lantai kerja diatas aspal. Dimana kita ketahui, bahwa aspal yang terbuat dari minyak dengan beton tak akan pernah bersatu.

Ketika Tim Investigasi media ini menanyakan ke salah satu pekerja siapa yang mengsubkon proyek ini, dijawab oleh salah satu pekerja ini, bahwa yang mengsubkon proyek ini bernama Wen.

Disaat media ini mengkonfirmasikan kepada orang yang bernama Wen ini mengatakan, menurut bapak, apa yang mau dikonfirmasikan pak??

Media ini kembali menanyakan, Apa dibenarkan cara kerja seperti ini pak?? Coran dimasukkan terlebih dahulu, baru Wire Mesh nya diletakkan diatas coran dan lalu Wire Mesh nya diinjak-injak oleh pekerja.

Saya bukan direktur disitu bapak. Bapak kalau konfirmasi ke direktur nya saja, ucap Wen melalui pesan singkat WhatsApp dengan nomor 0852-6700-97xx, Kamis (14/10/21) pukul 14.05 WIB.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kabid BM DPUPR) Kota Padang., Arisman terkesan bungkam disaat dikonfirmasi oleh media ini melalui WhatsApp dengan nomor 0811-911-5xx pada Jum’at (15/10/21) pukul 19.21 WIB.

Hingga berita ini ditayangkan, Kabid BM DPUPR Kota Padang tak ada menanggapinya.

 

~ Tim Investigasi ~