Program Disdukcapil ‘Three In One’ Di Kelurahan Tengah Padang Trus Diterapkan

BENGKULU71 Dilihat

Bengkulu, Kabardaerah.com – Kebijakan Pemerintah kota Bengkulu melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) memudahkan masyarakat peroleh pelayanan Adminduk salah satunya program ‘Three In One’. Program ini dinilai benar-benar memberi kemudahan di tengah masyarakat.

Suteman selaku lurah Tengah Padang, Kota Bengkulu mengatakan, semenjak program tersebut diluncurkan oleh walikota Bengkulu pihaknya terus melaksanakan program tersebut, dimana setiap ada warga yang meninggal langsung diurus dan warga tidak perlu repot terkait kepengurusan dokumen tersebut.

“Setiap RT itu mempunyai data, siapa yang meninggal kita ambil lalu kita kirim ke grup suka duka dukcapil, dan kita ada 15 RT”, Ucap Suteman pada Rabu (16/2/2022).

Tidak ada kendala terkait program ini. Justru program ini sangat dibutuhkan oleh warga, karena selama ini untuk pengurusan itu susah. Jadi warga tidak ada keluhan.

“Setiap warga yang meninggal tugas lurah mengurus itu, nanti malam ketiga kami melaksanakan jadwal takziah yang diselenggarakan oleh pemda kota kita serah itu, ada akte kematian, ada KK dan ada KTP nya”, tambahnya.

Kemudian untuk KK itu sendiri sekaligus untuk merubah status, misalnya suami yang meninggal otomatis istri yang menjadi kepala keluarga, serta status nya berubah menjadi cerai mati. Jelasnya. adv