Jauh Sebelum Masa Penjajahan Belanda, Ranah Minang telah lebih dahulu memiliki Hukum

TERBARU58 Dilihat

Sumbar.KabarDaerah.com- Jauh sebelum NKRI berdiri Ranah Minang telah memiliki hukum yang sempurna, malah terdengar selentingan bahwa hukum belanda yang tergolong baik di tiru dari hukum ranah Minang tersebut.

Diranah Minang jarang terdengar perebutan kekuasaan dari Raja A ke Raja B, hal itu disebabkan karena pada zaman dahulu orang Minang sudah beradat atau tau dengan kebenaran.

Baru semenjak kedatangan Adityawarman (yang katanya) anak dari Bundo Dara Jingga yang diboyong ke Majapahit dijadikan selir Raja berkuasa banyak terjadi bernagai penyimpangan disisi adat. seperti yang kita ketahui terjadinya Perang Paderi (antara kaum ADAT dan Kaum AGAMA katanya.

itulah suatu bukti bahwa Adityawarman adalah seorang utusan dari Jawa yang bertujuan merubah tantanan adat di Ranah Minang.

 

Berikut HUKUM tersebut yang dikenal dengan nama:

UNDANG NAN AMPEK berikut penjelasannya :

Undang nan Ampek adalah serangkain ketentuan adat Minang yang mengatur semua prilaku hidup dan hubungan antara sesama anggota masyarakat, serta hubungan masyarakat dengan limbago adat Minangkabau. Undang-undang ini dikelompokkan atas 4 (empat) kategori utama, sehingga disebut dengan Undang Nan Ampek yang terdiri dari: 1) Undag Luhak jo Rantau, 2) Undang Nagari, 3) Undang dalam Nagari (ada juga yang menyebutnya dengan Undang Isi Nagari), dan 4) Undang Duopuluah.

Undang Luhak jo Rantau adalah ketentuan/ aturan dan kesepakatan yang mengatur kewenangan, kewajiban dan hak Luhak, Rantau, dan Pasisie Minangkabau. Dalam ketentuan adat Minangkabau, yang dikatakan Luhak adalah tiga wilayah asal usula masyarakat Minangkabau yang terdiri dari: 1) Luhak Tanah Data (Luhak Nan Tuo), 2) Luhak Agam (Luhak Nan Tangah) dan 3) Luhak Limopuluah Koto (Luhak Nan Bungsu). Rantau adala.wilayah diluar dari Luhak Nan Tigo yang mengikuti dan menerapkan Adat Minangkabau. Sedangkan Pasisia adalah wilayah sepanjang pantai barat Sumatera bagian barat yang mematuhi dan menerapkan Adat Minangkabau. Namun dalam prakteknya Rantau dan Pasisia tidak dibedakan. Pengaturan kewenangan, kewajiban, dan hak Pengulu dan masyarakat dari wilayah ini diatur dalam Undang Luhak jo Rantau.

Undang dan aturan adat yang berlaku di wilayah Rantau dan Pasisia pada dasarnya sama dengan aturan dan undang yang belaku di Luhak, yang disebut dengan Adat Sabatang Panjang. Falsafah dan ideologt adat, undang dan hukum adat yang diterapkan di Luhak juga berlaku di nagari-nagari di wilayah Rantau. Namun, setiap nagari di Rantau dapat mengembangkan adat dan aturan-aturan sendiri yang hanya berlaku dalam lingkungan nagari yang bersangkutan yang dikenal dengan Adat Salingka Nagari. Walapun demikian, Adat Salingka Nagari tidak boleh bertentangan dengan Adat Sabatang Panjang yang berlaku untuk seluruh wilayah Minangkabau.

Berapa contoh dari kententuan/ aturan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Luhak bapangulu-Rantau barajo
  2. Tagak Pangulu sakato kaum-Tagak Rajo sakoto alam
  3. Adaik sako turun tamurun-Adaik pusako jawek bajawek
  4. Adaik Rajo turun tamurun-Adaik Puti sunduik basunduik

Undang ini menegaskan bahwa tatanan bermasyarakat dalam Luhak nan Tigo dipimpin oleh Panghulu sebagai kepala atau pimpinan adat, yang dipanggil dengan sebutan Datuak. Sedangkan kehidupan bermasyarakat di daerah Rantau dan Pasisia dipimpin oleh Rajo, biasa dipanggil dengan sebutan Rajo atau Rang Kayo.

Namun demikian, sebagian daerah Rantau dan Pasisie juga menggunakan sebutan Datuak untuk pemimpinan adatnya.

Undang Nagari adalah ketentuan/aturan adat yang mengatur pendirian sebuah nagari yang mencakup persyaratan dan kelengkapan yang harus dipenuhi.

Undang-undang ini berlaku untuk semua nagari yang ada di Minangkabau, baik di Luhak maupun di Rantau dan Pasisia. Ketentuan tersebut, antara lain adalah:

 

Anak gadih mangarek kuku, dikarek jo pisau sirauik, pangarek batuang tuo, batang tuo elek ka lantai. Nagari baampek suku, tiok suku babuah paruik, kampuang banantuo, rumah batungganai.

Syarat untuk mendirikan sebuah nagari menurut kentuan adat Minang adalah sebagai berikut:

  1. Basasok-bajarami
  2. Bapandam-bapakuburan
  3. Balabuah-batapian
  4. Bakorong-bakampuang
  5. Basawah-baladang
  6. Barumah-batanggo
  7. Babalai-bamusajik
  8. Bagalanggang-bapamedanan

Proses atau prosedrur pendirian sebuah nagari menurut ketentuan Undang Adat Minang adalah sebagai berikut:

  1. Dari taratak manjadi dusun
  2. Dari dusun menjadi koto
  3. Dari koto manjadi nagari.
  4. Nagari ba ka ampek suku
  5. Tiok suku babuah paruik
  6. Kampuang diagiah batuo
  7. Rumah diagiah batungganai

Artinya, jika dalam satu kaum/ suku, ulayatnya (tanah basah dan tanah kering) sudah menjadi sempit, maka mereka berpindah mencari lahan baru. Suku tersebut mendirikan wilayah pemukiman baru bernama taratak. Kemudian, terdengar oleh satu suku yang lain, mereka pindah pula ke taratak tersebut, sehingga taratak tersebut dihuni oleh dua suku; taratak yang sudah ditempati dua suku itu bernama dusun. Kemudian, dusun itu terdengar pula keelokannya oleh suku yang lain, lalu suku tersebut pindah pula kesana, sehingga dusun tersebut berubah menjadi koto. Setelah koto mempunyai perkampungan tempat tinggal yang dihuni oleh 4 (empat) suku, maka koto tersebut kemudian berubah menjadi Nagari, sehingga disebut nagari nan bakaampek suku.

  1. Nagari ba kaampek suku
  2. Dalam suku ba buah paruik
  3. Basawah baladang
  4. Bapandam bapakuburan
  5. Babalai bamusajik
  6. Balabauh batapian

Undang dalam Nagari atau Undang Isi Nagari adalah ketentuan/ aturan dan kesepakatan yang mengatur hubungan antara nagari dengan isinya—hubungan anggota masyarakat sebuah nagari yang harus dipatuhi dan di taati oleh anggota masyarakat nagari tersebut. Normanya dalam tata hubungan warga adalah sebagai berikut:

  1. Barek samo dipikua
  2. Ringan samo dijinjing
  3. Saciok bak (anak) ayam
  4. Sadanciang bak basi
  5. Sakik basilau
  6. Mati bajanguak
  7. Salah batimbang
  8. Hutang babayia

Undangan ini mengatur hak dan kewajiban anggota masyarakat dalam sebuah nagari sebagaimana diatur dalam Al-Qu’an dan Hadist Rasulullah S.AW. Undang Dalam Nagari mengatur masalah yang berkaitan dengan berbagai bidang kehidupan masyarakat seperti sosial, ekonomi, keamanan/ ketertiban, hukum, pendidikan dan kebudayaan.

Dalam bidang sosial:

  1. Barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang
  2. Kabukik samo mandaki, kalurah samo manurun
  3. Tatungkuik samo makan tanah, tatilantang samo minum ambun
  4. Tarapuang samo anyuik, tarandam samo basah.
  5. Kaba elok baimbauan, kaba buruak bahamburan
  6. Panjang samo dikarek, senteng samo dibilai
  7. Singkek samo diuleh, kurang samo ditukuak
  8. Kok rusuah bapujuak, tagamang bajawek
  9. Kok mandapek samo balabo, kehilangan samo marugi
  10. Nan tuo dihormati, nan ketek dikasihani, samo gadang baok bakawan
  11. Kamanakan saparintah mamak, mamak saparintah bana
  12. Kamanakan manyambah di lahia, mamak manyambah di bathin.

 

Undang Undang Dalam Nagari, Dalam bidang agama:

Adaik basandi syara’, syara’ basandi Kitabullah,
Syara’ mangato adaik mamakai.

Simuncak mati tarambau, kaladang mambao ladiang, lukolah pao kaduonyo.
Adaik jo syarak di ranah Minang, umpamo aua jo tabiang, sanda manyanda kaduonyo

Sajak adaik basandi syarak, duo aturan lah tajalin
Dalam lauik indak barombak, tagak di padang indak barangin.

Gantang di bodi caniago, cupak dijadikan kasukatan
Adaik mamakai syarak mangato, ujuik satu balain jalan

Adaik baalua jo bapatuik, makanan banang siku-siku
Kato bana indak baturuik, engeran bathin nan baliku

Buang siriah buang bidak, buang puluik buang tingkalang
kato nan bana dipatidak, sandi iman nan nyato kurang

Indak mingkudu indak bagatah, antah kok birah jo kaladi
Indak panghulu nan indak gawa, antah kok Allah jo Nabi

Jarajak pamaga rumah, panjago anak jan jatuah
Dikucak kalau indak guyah, tandonyo iman nan alah taguah

Syariat pandang nan nyato, hakikat lurahnyo dalam
Bahimpun adaik jo agamo, sehat rohani lua jo dalam

Kalimbago tantangan adaik, syarak bahadih jo dalia
Dek dunia dapek akhiraik, dek syara’ santoso tumbuah

Layang-layang tabang malayang, sugi-sugi pamaga baniah
Elok bak itu rang sumbayang, hati suci mukonyo janiah

Limbago jalan batampuah, itu nan utang niniak mamak
Sarugo di iman taguah, narako dilaku awak

Nan mancancang nan mamapek, nan bahutang nan mambaia,
Tali  jo Tuhan kalau lah lapeh, dunia anguih akhirat caia.

 

 

Undang Undang Dalam Nagari, Dalam bidang hukum antara lain adalah sebagai berikut:

Badasa ka anggo tanggo
Bahukum ka raso jo pareso
Baundang ka alua jo patuik

Nak luruih rantangkan tali
Luruih bana dipacik sungguah

Pisang ameh baok balaia
Masak sabuah didalam peti
Hutang ameh dapek dibaia
Hutang budi dibao mati.

Nan suku babuah paruik
Korong kampuang di dalam jurai
Dek urang tuo lah lamo hiduik
Dunialah lamo inyo pakai

Niniak moyang di duo koto
Mambuek barih jo balabeh
Bulek dek tuah lah sakato
Nak tantu hinggo jo bateh

Kok kusuik disalasaikan,
kok karuah dijaniahkan,
Usua dipamain, cabuah dibuang
Salah batimbang, hutang babayia,

Sasek suruik, talangkah kambali
Salah cotok malantiangkan,
Salah ambiak mangumbali,
Utang babayia, piutang ba tarimo,

Salang pinjam mangumbali.
Salah kamanusia mintak maaf,
Salah ka Tuhan mintak tobat
Tapijak di arang itam tapak

Ta saruduak di galah panjang bungkuak pungguang
Kok abu bajantiak, kok kumuah basasah

Hukumnyo  adia katonyo bana,
indak buliah bapihak-pihak

Indak buliah bakatian kiri
Luruih bana dipagang sungguah
Tibo di mato indak dipiciangkan
Tibo di dado indak di busuangkan
Tibo di paruik indak di kampihkan

 

Undanga Undang Dalam Nagari, Dalam bidang ekonomi antara lain adalah sebagai berikut:

Tasindoroang jajak manurun, tatukiak jajak mandaki
Adaik jo syarak kok tasusun, bumi sanang padi manjadi.

Tumangguang manjamua padi, dijamua diateh bawak
Islam tangguang kapia indak jadi, apokoh namo badan awak.

Sa sukek duo baleh tayia, dicupak mangko digantang
Nan lunak ditanam baniah, nan kareh dibuek ladang

Nan bancah palapeh itiak, ganangan ka tampek ikan,
Bukik batu ka tambang ameh, padang ana bakeh taranak,
Batanam nan bapucuak, mamaliharo nan banyawa,

Ka rimbo ba bungo kayu
Ka sungai ba bungo pasia
Ka lauik ba bungo karang
Ka sawah ba bungo padi
Ka tambang ba bungo ameh

Dek ameh sagalo kameh
Dek pitih sagalo jadi

Elok lenggang di nan data, rancak rarak di hari paneh
Ilang rono dek panyakik, ilang bangso tak barameh

Kok duduak marawik ranjau
Kok tagak maninjau jarah

Hari sahari di parampek
Malam samalam dipatigo

Namuah bajariah bausao
Namuah bapokok babalanjo

Asa lai angok-angok ikan
Asa lai jio-jio patuang
Nan indak dicari juo

Undang nan Duo Puluah adalah aturan, ketentuan dan kesepakatan yang mengatur persoalan pelanggaran terhadapa ketentuan hidup bermasyarakat dan kesalahan dan kejahatan yang dilakukan oleh anggota masyarakat Minangkabau. Undangn Duo Puluah terdiri dari 20 (dua puluh) poin/ pasal yang dikelompokkan atas dua bagian:

1) Undang Tuduah Nan Bakatunggangan yang disebut juga dengan Undangn nan Duobaleh, dan

2) Udang Cemoh nan Baka a daan yang disebut juga dengan Undangn Nan Salapan.

Undang Tuduah nan Bakatunggangan adalah aturan-aturan adat yang berkaitan dengan dugaan atau tuduhan bahwa seseorang telah melakukan sebuah pelanggaran ketentuan hidup bersyarakat di Minangkabau. Karena masih bersifat tuduhan yang belum terbukti, maka belum ada sanksi yang dijatuhkan. Undang Tuduah ini merupakan indikasi awal bahwa seseorang telah melanggar aturan adat Minangkabau. Aturan ini terdiri dari 12 (dua belas) poin/ pasal, sehingga disebut juga dengan Undang nan Duo Baleh yang terdiri dari:

  1. Anggang Lalu Atah Jatuah
  2. Pulang pagi babasah- basah
  3. Bajalan bagageh-gageh
  4. Kacondongan mato rang banyak
  5. Dibaok ribuik dibaok angin
  6. Dibaok pikek dibaok langau
  7. Bajua bamurah-murah
  8. Batimbang jawek ditanyoi
  9. Tasindorong jajak manurun
  10. Tatukiak jajak mandaki
  11. Lah bauriah bak sipasin
  12. Lah bajajak bak bakiak

Anggang Lalu Atah Jatuah adalah indikasi atau tanda untuk bisa menduga seseorang melakukan pelanggaran adat, karena orang yang diduga melakuka pelanggaran tersebut berada atau baru saja beada di lokasi kejadian perkara. Umpamanya, telah terjadi peristwa kehilangan di sebuah rumah; sesaat sebelum peristiwa itu terjadi, seseorang atau beberapa orang berada di rumah tersebut. Maka orang atau orang-orang tersebut dapat diduga melakukan tindakan pencurian tersebut.

Pulang pagi babasah-basah adalah dugaan terhadap pelanggaran ketentuan adat yang terkait dengan keadaan yang terdapat pada seseorang atau beberapa orang yang berindikasi terkait dengan peritiwa pelanggaran tersebut. Umpamanya, seseorang diberitakan melanggar adat di sebuah nagari, setelah diusahakan penangkapan terhadap pelaku, tiba-tiba pelaku hilang di sekitaran sawah, ladang atau sungai. Beberapa saat berselang, atau besok paginya, masyarakat melihat seseorang dengan pakaian dan/ atau badan basah kuyup dan/ atau berlumuran lumpur. Keadaan yang terdapat pada orang tersebut dapat dijadikan indikasi atau tanda awal bahwa pelaku pelanggaran adat yang dicari tersebut adalah orang tersebut.

Bajalan bagageh-gageh adalah indikasi atau tanda pelanggaran ketentuan adat yang terkait dengan kegelisahan tingkah laku seseorang atau beberapa orang yang dicurigai melakukan pelanggaran ketentuan adat. Umpamanya, beberapa saat sebelum adanya laporan kejadian pencurian, beberapa orang melihat seseorang atau beberapa orang bertingkah laku gelisah dan berusaha cepat-cepat menghindar dari lokasi tersebut. Maka orang tersebut dapat diduga pelaku tindakan pencurian tersebut.

Kacondongan mato rang banyak adalah indikasi atau tanda untuk mendugaan seseorang atau beberapa orang melakukan pelanggaran aturan adat berdasarkan kencerungan dan kesaksian masyarakat (orang banyak). Umpanya, seseorang melaporkan bahwa Si Antun telah melakukan tindakan penganiayaan terhadap seseorang; laporan peristiwa ini diperkuat dengan kesaksian beberapa orang atau banyak orang bahwa tindakan tersebut memang dilakukan oleh Si Antun.

Dibaok ribuik dibaok angin adalah indikasi atau tanda untuk menduga atau menuduh bahwa seseorang telah melakukan sebuah pelanggaran aturan adat yang sudah menjadi pembicaraan di tengah masyarakat. Umpamanya, telah terjadi pelanggaran terhadap aturan adat oleh seseorang atau beberapa orang yang disaksikan oleh seseorang atau beberapa orang. Lalu, orang atau orang-orang yang menyaksikan tersebut menceritakan kejadian itu kepada orang lain, yang kemudian berkembang menjadi pembicaraan masyarakat di nagari tersebut. Maka orang yang sudah menjadi pembicaraan tersebut dapat diduga sebagai pelaku pelanggaran tersebut.

Dibaok pikek dibaok langau adalah indikasi atau tanda yang dijadikan dasar tuduhan pelanggaran aturan adat yang walaupun tidak ada yang mau menjadi saksi (mungkin karena takut ancaman pelaku), namun tuduhan pelanggaran ini bisa diarahkan kepada seseorang atau beberapa orang karena adanya tanda-tanda alam yang mengarah kepada pelaku tertentu.

Ada 6 bukti alam yang bisa digunakan dalam kontek ini:

  1. Babaun bak ambacang
  2. Bauriah bak sipasin
  3. Bajajak bak bakiak
  4. Tangiang bak kukuak ayam
  5. Tasindorong jajak manurun Tatukiah jajak mandaki
  6. Cancang ranggah bangkak kaniang

Bajua bamurah-murah adalah indikasi atau tanda yang dapat digunakan untuk menduga seseorang telah melakukan pelanggaran aturan adat, khususnya atas kepemilikan barang tertentu yang diduga hasil pencurian dan sejenisnya. Umpanya, setelah terjadi peristiwa kehilangan sebuah barang milik seseorang yang belum jelas siapa yang mencuri atau yang mengambilnya dengan cara melanggar adat, seseorang atau beberapa orang berusaha secepat mungkin menjual sebuah barang yang memiliki tanda-tanda yang identik dengan barang yang dinyatakan hilang walapun dengan harga yang jauh lebih murah dari harga yang sesungguhnya.

Batimbang jawek ditanyoi adalah indikasi atau tanda yang dapat digunakan untuk menduga atau menuduhan seseorang atau beberapa orang telah melakukan pelanggaran aturan adat karena adanya usaha mengindar dari tuduhan tersebut dengan memberi jawaban bertele-tele terhadap pertanyaan orang yang menduga atau menuduh; atau karena orang yang diguga melaku pelanggaran tersebut melakukan reaksi lisan yang berlebihan terhadap tuduhan tersebut yang biasanya mengarah kepertengakaran.

Tasindorong jajak manurun adalah indikasi atau tanda yang dapat digunakan untuk menuduh atau mendugaan seseorang atau beberapa orang telah melakukan pelanggaran aturan adat yang masih meninggalkan bekas atau jejak.

Tatukiak jajak mandaki, sama dengan tasindorong jajak manurun, adalah dugaan atau tuduhan pelanggaran aturan adat yang masih jelas jejak yang ditinggalkan oleh pelaku.

Lah bauriah bak sipasan adalah tanda atau indikasi untuk menuduhan atau menduga seseorang atau beberapa orang telah melakukan pelanggaran aturan adat yang meninggalkan jejak yang jelas dan dapat dijadikan bukti perbuatan pelanggaran aturan hukum adat tersebut.

Lah bajajak bak bakiak adalah indikasi atau tanda untuk menuduhan atau menduga seseorang atau beberapa orang telah melakukan pelanggaran ketentuan adat yang pelakunya dinyatakan salah karena bukti dokumen yang jelas tanda-tanda modifikasi, rekayasa atau pemalsuan. Umpamanya pemalsuan ranji[1] yang berkaitan dengan penguasaan ulayat.

Jika dikelompokkan menurut tingkatan kesahihan bukti pelanggaran adat, maka Undang Duobaleh dapat dikelompokkan sebagai berikut:

a). Cemo lapeh:

  • Anggang lalu atah jatuh
  • Dibao ribuik dibao angin
  • Dibao pikek dibao langau

b). Cemo takaik

  • Pulang pagi babasah basah
  • Condong mato rang banyak
  • Bajalan bagageh gageh
  • Bajua bamurah murah

c). Tanda untuk tersangka.

  • Bajajak bak bakiak
  • Babarih bak sipasin

d). Tersangka

  • Tatukiak jajak mandaki
  • Tasialia jajak manurun

e). Terbukti.

Lah bajajak bak bakiak, mengaku dan atau tertangkap tangan sedang melakukan pelanggaran adat.

Cemoh nan Bakaadaan adalah perbuatan salah melawan hukum adat,  yang sifatnya menjatuhakan martabat dan nama baik. Atas kesalahan ini dapat diberi sanksi adat terhadap pelanggaran adat atau kejahatan yang telah terbukti, dan jelas dan ketentuan adat yang dilanggar. Adat Minangkabau mengatur  16 (enam belas) jenis pelanggaran yang berpasang-pasangan sehingga menjadi 8 (delapan) pasang, maka disebut Undang nan Salapan yang mengindikasikan kesalahan melawan hukum (pidana), yakni sbb.:

  1. Dago-Dagi mambari malu
  2. Sumbang-Salah laku parangai
  3. Samun-Saka tagak dibateh
  4. Umbuak-Umbai budi marangkak
  5. Curi-Maliang taluang dindiang
  6. Tikam-Bunuah padang badarah
  7. Sia-Baka sabatang suluah
  8. Upeh-Racun batabuang sayak

Dago-dagi mambari malu adalah bentuk perbuatan salah melawan hukum adat, yang dilakukan anak kemanakan atau mamak kepada penghulu.

Dago mengacu ke kesalahan yang belum berbentuk tindakan-mungkin masih berupa ucapan atau sikap.

Contoh ucapan atau kemanakan atau mamak yang terkesan menjatuhkan martabat penghulu, seperti “Aden indak ka bamamak ka inyo doh”, atau sikap yang secara terang-terangan tidak patuh kepada pangulu yang tidak mengajak ke kemungkaran.

Sedangkan Dagi adalah perbuatan atau tindakan yang nyata-nyata menentang atau konfrontasi atau makar terhadap pangulu dan kepemimpinan pangulu.

Sumbang-Salah laku parangai adalah bukti perbuatan yang mengarah salah dan pelanggaran aturan, tetapi belum salah. Artinya, sumbang adalah perbuatan yang mengarah salah tetapi belum salah dan belum melanggar hukum adat, hukumnya baingekan, basapo, batunjuk baajari dsb. Sedangkan salah adalah perbuatan sudah melanggar ketentuan adat yang dapat diberi diberikan sanksi hukum adat seperti ditegur, basidangkan, batinggakan, digantuang tinggi, dibuang jauh.

Samun-Saka tagak dibateh adalah bentuk perbuatan yang melanggar hukum adat, dapat diberi sanksi adat terhadap pelanggaran adat, seperti pengambilan paksa merampas dan merampok harta orang lain. Samun adalah pengambilan paksa barang hak milik orang lain secara paksa (merampok) di tempat yang sepi; sedangkan saka adalah pengambilan paksa hak milik orang lain (merampok) di tempat yang sepi yang rompak (perampoknya) sekaligus melakukan penganiayaan bahkan pembunuhan terhadap pemilik barang.

Umbuak-Umbai budi marangkak adalah perubatan melawan hukum adat dapat diberi sanksi adat kepada orang yang telah terbukti melanggar adat yang terkait dengan penipuan dengan cara bujukan, rayuan atau dengan kasar. Umbuak adalah penipuan yang dilakukan secara halus dengan rayuan dan sejenisnya; sedangakan Umbai adalah penipuan yang dilakukan dengan cara yang kasar, kekerasan bahkan disertai ancaman.

Curi-Maliang taluang dindiang adalah perbuatan melawan hukum adat dapat diberi sanksi adat terkait dengan tindakan pencurian. Curi adalah perbuatan pengambilan harta atau barang hak orang lain secara melanggar adat yand dilakukan pada siang hari; sedangkan maliang adalah perbuatan pengambilan harta atau barang hak orang lain secara melanggar adat yang dilakukan pada malam hari.

Tikam-Bunuah padang badarah adalah aturan mengenai perbuatan pelanggaran hukum yang berkaitan dengan penganiayaan dan pembunuhan, yang dapat dijatuhkan sanksi adat. Tikam adalah perbuatan penganiayaan terhadap seseorang dengan menggunakan senjata tajam atau tumpul yang mengakibatkan orang lain terluka dan meluarkan darah; sedangkan bunuah adalah perbuatan penganiayaan yang menggunakan senjata yang mengkibatkan seseorang yang dianiaya itu meninggal dunia.

Sia-Baka sabatang suluah adalah perbuatan salah melawan hukum adat dan dapat diberi sanksi adat, seperti pembakaran terhadap barang atau harta milik orang lain. Sia adalah perbuatan penyulutan api ke suatu benda, barang atau harta milik orang lain yang tidak mengakibatkan terbakar habis; sedangkan baka adalah perbuatan pembakaran terhadap barang, benda, atau harta milik orang lain yang mengakibatkan barang tersebut ludes terkar, dan menyisakan arang dan abu.

Upeh racun batabuang sayak adalah bentuk kesalahan perbuatan melawan hukum adat. Kesalahan itu mencederai  dan membuat orang menderita sakit, akibat  makanan atau minumannya diberi ramuan berbisa atau racun. Racun artinya jenis kimia biologi atau tubo yang mematikan, kalau terminum menyebabkan seseorang meninggal dunia. indra(indrawan)

(Sumber Buku adat Minang)