Camat Sampnahan Adakan Musyawarah Dengan PT. Pesonalitas Surasejati Beserta Warga Desa Sampanahan

 

Kotabaru, kabardarrah. Com
Camat Sampanahan Juhaini, S.Sos. bersama Kapolsek Sampanahan adakan musyawarah terkait permasalahan penanganan Limbah yang diduga mencemari Sungai di desa sampanahan( 03/07/2022)

Musyawarah yang diadakan di Posposl Sampanahan ini mempertemukan warga masyarakat dan pihak PT . Pesonalitas Surasejati untuk mencari solusi permasalahan yang saat ini terjadi.

Respon cepat camat sampanahan ini dilakukan dengan mendatangkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru turun ke lokasi memeriksa dugaan pencemaran linggkungan, menemukan sejumlah fakta di air Sungai Tambangan yang mengalir bermuara ke Sungai Sampanahan; air berwarna hitam dan berbau. Ditemukan aliran air dari Blok H43 dari kolam sedimentasi (endapan) PT Personalintas Surasejati yang mengalir ke anak Sungai Tambangan.

Pemeriksaan ke Sungai Tambangan oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru disertai Camat, pihak Polsek dan Koramil Sampanahan bersama pihak PT Personalintas Surasejati Safir Mill, pada Rabu (03/08/22).

Camat Sampanahan, Juhaini S. Sis mengungkapkan, pihak perusahaan berjanji akan memperbaiki kolam sedimentasi 1 hingga 3, sehingga air yang mengalir dari kolam 3 tidak lagi berwarna hitam dan berbau.

“Adapun warga desa setempat meminta kepada pihak perusahaan agar membuatkan sumur gali setidaknya 1 sumur 1 RT, karena air Sungai tak lagi bisa digunakan,” ungkap Juhaini, Kamis (04/08/22).

Dalam poin Berita Acara Verifikasi Pengaduan; pihak perusahaan agar melaporkan tindaklanjut mengenai perbaikan tersebut ke Dinas Lingkungan Hidup dalam waktu 7 hari kalender.

“Kita tenggang rasa, kita berikan waktu lebih lama sekitar 2 minggu ke pihak perusahaan untuk menindaklanjuti masalah tersebut,” tambah Juhaini.

Adapun sample air dari Sungai Tambangan yang tercemar sudah diambil dan dibawa oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup dan pihak warga yang mengadu ke Kotabaru untuk dilakukan pemeriksaan.

Semantara itu manager PT. Personalitas Surasejati Rauhul Dian menyampaikan akan menkordinasikan apa yang menjadi tuntutan masyarakat kepada Pimpinan pusat dan beliau juga mengatakan apa yang menjadi keluhan masyarakat akan di akomudir pihak perusahaan, mengenai keluhan para nelayan yang mencari ikan diperairan sungai samoanahan juga akan jadi perhatian pihak perusahaan terangnya.

Saat ini kami fokus untuk pembenahan kolam sadementasinya setelah semua normal dan air sungai sudah kembali seperti semula kami akan lakukan penaburan benih ikan agar nelayan sampanahan bisa terbantu pungkasnya.(hai)