Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Kendalikan Inflasi Daerah Lewat Swasembada Pangan

DAERAH649 Dilihat

Bengkulu,Beritarafflesia.com- Dinas Tanaman Pangangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu gencar berupaya melakukan pengendalian inflasi daerah melalui swasembada pangan.

Salah satu langkah strategis yang dilaksanakan Dinas TPHP yakni menggandeng Kementrian Pertanian dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melaksanakan penanaman perdana keledai Anjasmoro di Desa Sumber Harapan Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Ir. Ricky Gunarwan menjelaskan, penanaman perdana dilaksanakan di Desa Sumber Harapan, Kecamatan Nasal dengan ketersediaan bibit bantuan untuk lahan 500 hetare. Kegiatan ini dalam rangka pengendalian inflasi daerah swasembada pangan di Provinsi Bengkulu.

“Sumber dana pelaksanaan penanaman perdana dan program penanaman kedelai anjasmoro ini dari Kemetrian tahun anggaran 2022, kita berharap ini awal yang baik untuk Provinsi Bengkulu dan menjadi rangsangan untuk masyarakat ikut menanam kedelai Anjasmoro,” kata Ricky, Jumat (18/11/2022).

Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Kendalikan Inflasi Daerah Lewat Swasembada Pangan

Ricky menambahkan, Provinsi Bengkulu merupakan daerah mendapatkan nilai terbaik se Sumatera dalam pengendalian inflasi. Oleh sebab itu, dengan penanaman kedelai perdana ini kategori terbaik se Sumatera dapat dipertahankan atau lebih baik lagi.

Perlu diketahui, kegiatan diawali dengan penyambutan dan pengalungan bunga kepada Direktur Pembiayaan Kementrian Pertanian Republik Indonesia Joko Susilo. S.Sos didampingi Bupati Kaur H. Lismidianto, SH.MH bersama rombongan.

Lalu kemudian dilanjutkan dengan penanaman kedelai Anjasmoro oleh Direktur Pembiayaan Kementrian Pertanian Joko Susilo. S.Sos didampingi Bupati Kaur H. Lismidianto, SH.MH dan Sub Koordinator Intensifikasi Kacang Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Siti Noor Jannah, SP.

Pasca penanaman perdana, Sub Koordinator Intensifikasi Kacang Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Siti Noor Jannah, SP menyerahkan bantua itik dan pupuk cair kepada kelompok tani Desa Sumber Harapan Kabupaten Kaur.(Cw)