Dikomplin Warga Soal Polusi, PT Kopi Kina Indonesia Janji Segera Datangkan Alat Pengurai Asap dari China

D.K.I JAKARTA51 Dilihat

JAKARTA,KABARDAERAH.COM – Manajer PT Kopi Kina Indonesia,Rudi menjelaskan terkait keluhan warga soal “asap” mesin produksi kopi yang beralamat di Jl. Bunga II atau persis di depan Stasiun Kareta Api, Pondok Jati, Matraman Jakarta Timur. Dirinya membenarkan bahwa sempat mendapat komplin dari warga setempat terhadap dampak pembuangan asap produksi Kopi yang dirasakan warga sekitar.

“Benar ada dampak itu ke warga namun kamai sudah berupaya berkomunikasi dengan warga melalui RT dan RW agar berikan kami kesempatan untuk membenahi produksi yang sedang berjalan dengan penambahan alat atau mesin ‘mengurangi asap’ secara   fisik ,” kata Rudi saat dikonfirmasi wartawan di kantornya, Selasa (8/2/2023).

Rudi juga mengaku telah mendapat teguran dari RT setempat terkait dampak polusi asap mesin produksi kopi yang dikeluhkan warga setempat.

Kepada pejabat RT setempat ia menjelaskan bahwa pihaknya tengah berupaya untuk mengatasi hal tersebut sehingga tidak mengganggu warga akibat asap produksi Kopi oleh PT Kopi Kina Indonesia tersebut.

“Memang, pejabat RT yang baru sekarang juga telah menyampaikan keluhan tersebut. Jadi, sudah dua kali dapat teguran. Karenanya saya meminta agar beri kesempatan dalam bulan-bulan ini (Frebuari). Diperkirakan tanggal 20 Frebuari 2023 alat tersebut sudah tiba di Indonesia. Alat tersebut dipesan dari China. Kami berharap pengirimannya bisa datang tepat pada waktu sehingga segera diatasi,” jelas dia.
Salah satu Warga yang tidak mau disebutkan identitasnya mengatakan, pihaknya telah menyampaikan persoalan ini ke pihak RT 08 dan RT 09. Ada sekitar 50-an Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di wilayah RT setempat.

Dijelaskan, selain itu juga dampak dari buangan asap produksi Kopi tersebut menurutnya dirasakan anak-anak kecil di lingkungan sekitar. Dirinya berharap agar persoalan tersebut dapat segera diatasi, tentunya dengan dipasangnya alat pengurai tersebut.

Sementara itu, Setiawan, selaku Lurah Palmeriam, Kecamatan Matraman saat dikonfirmasi di Kantor Lurah pada Kamis (3/2/2023) mengatakan, dirinya mengetahui persis keberadaan PT. Kopi Kina Indonesia ini. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan perusahaan dalam hal ini PT.Kopi Kina Indonesia. ** DL.