Jakarta E-Prix 2023 Usung Konsep Sport Automotive and Entertainment Tourism,Berikut Daftar Panitianya

BERITA UTAMA729 Dilihat

JAKARTA,KABARDAERAH.COM-Event formula E atau Jakarta E-Prix 2023 segera dihelat di Jakarta. Bisnis olahraga otomotip bergengsi ini bakal berlangsung pada 3 dan 4 Juni 2023 bertempat di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol,Jakarta Utara.

Hal itu disampaikan Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. Kali ini JakPro menggaet kelompok usaha Artha Graha Group, dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Saat ini proses persiapan termasuk teknis skema business to business. Adapun, Jakarta E-Prix 2023 tidak menggunakan dana APBD ataupun APBN melainkan murni dari dana swasta melalui sponsorship.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, promosi Jakarta E-Prix 2023 harus digencarkan secara maksimal. Termasuk menjadikan Jakarta E-Prix 2023 bukan hanya sebagai ajang olahraga, melainkan juga sebagai pendorong pembakit pertumbuhan ekonomi. HIPMI dibawah kepemimpinan Ketua Umum Akbar Himawan Buchari akan turun langsung membantu penyiapan booth UMKM dan entertainment di kawasan Ancol, serta publikasi di berbagai videotron dan media. Dengan demikian, Jakarta E-Prix 2023 bisa memberikan dampak yang besar bagi UMKM dan perekonomian nasional,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet dalam konferesi pers ,Selasa (28/2/2023) di Ancol.
Politisi Partai Golkar yang juga pernah menjabat Ketua DPR menjelaskan, Jakarta E-Prix 2023 mengusung konsep “sport automotive and entertainment tourism”.

Event internasional ini akan memberikan pengalaman luar biasa bagi para penonton. Dijelaskan, selain menyaksikan balapan, ada expo berbagai produk UMKM dari 35 Provinsi di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, penonton yang datang menyaksikan langsung Jakarta E-Prix 2023 juga disajikan dengan berbagai kegiatan entertainment seperti live music dari berbagai musisi nasional hingga DJ Party.

“Penampilan DJ Internasional telah disiapkan. Termasuk DJ nasional dengan kualitas internasional, DJ Winky. Penampilan DJ tersebut bisa disaksikan pada 3 Juni 2023 malam di Concert Hall Ancol Beach City (Ancol Mall) selesai menyaksikan race Jakarta E-Prix 2023,” ujar mantan Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo.

Lanjut Bamsoet, penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022 telah menorehkan rekor sebagai yang paling banyak ditonton dengan jumlah penonton kumulatif dari yang datang langsung ke sirkuit serta melalui media digital, mencapai 27,6 juta penonton.

Event bergengsi yang bakal ditonton ratusan negara di dunia ini, oleh Institute for Development of Economic and Finance menganalisis Jakarta E-Prix 2022 memberikan dampak ekonomi total Rp 2,638 triliun bagi Jakarta atau berkontribusi 0,08 persen pada pertumbuhan ekonomi Jakarta 2022.

“Jakarta E-Prix 2022 juga berdampak pada pertumbuhan produk domestik regional bruto sebesar 0,105 persen atau senilai Rp 2,041 triliun. Kita harapkan dampak tersebut akan meningkat pada Jakarta E-Prix 2023,” kata Bamsoet.

Foto bersama usai konferensi pers (Foto: Domi Dese Lewuk)

Selain dampak ekonomi, diharapkan, di tahun mendatang juga bisa lahir local hero, pembalap nasional berkualitas internasional yang bisa turun dalam ajang Formula E, yang dapat menjadi kebanggaan Indonesia.

“Ini merupakan tugas besar bagi IMI yang harus segera ditunaikan,” imbuh Bamsoet.

Hadir dalam kesempatan itu, selain Ketua Steering Committee (SC) Formula E Jakarta Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga Ketua Panitia Pelaksanaan Formula E Jakarta 2023 atau Organizing Committee (OC) , Ahmad Sahroni sebagai Anggota Steering Committee (SC) atau Dewan Pengarah, Robert Kardinal,Politisi Partai Golkar,dan sejumlah tokoh serta pengusaha lainnya termasuk pembalap legendaris Indonesia, Tinton Suprapto,Frans,selaku sponsorship dan lainnya.

Berikut susunan Pantia Jakarta E-Prix atau Formula E 2023 pada 3-4 Juni 2023 :

Steering Committee (SC):

Ketua : Bambang Soesatyo (Ketua MPR.RI)
1. Bobby Nasution (Wali Kota Medan)
2. Prasetyo Edi Marsudi (Ketua DPRD DKI Jakarta)
3. Ahmad Syahroni (anggota DPR)
4. Ricardo Galael (pembalap)
5. Tinton Soeprapto (tokoh otomotif)
6. Anondo Eko (Ketua IMI DKI).

Organizing Committee (OC):

Ketua: Ananda Mikola (mantan pembalap)
Wakil Ketua: Akbar Himawan Buchari (Ketum BPP Hipmi).

** Reporter : Eky/Editor : Domi Dese Lewuk.