Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK Membuka Rakernis Fungsi SDM Polda Sumsel 2023 Launching Aplikasi Pa’Kepo

PALEMBANG. KABARDAERAH.COM – Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK membuka Rakernis fungsi SDM Polda Sumsel 2023.launching aplikasi Pa’Kepo dan penandatanganan MOU perumahan Personel Jajaran Polda Sumsel Kegiatan ini dilaksanakan di aula lantai 7 Mapolda Sumsel dengan disaksikan pada pejabat utama (PJU) Polda Sumsel, Kamis (30/3).

Irjen Pol Rachmad menerangkan, bahwa salah satu dari 16 program prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Presisi demi mengwujudkan SDM Polri yang unggul, di era police 4.0. Hal tersebut sejalan dengan lima prioritas program kerja Presiden RI Joko Widodo di era globalisasi saat ini.

“SDM kita menilai merupakan aset utama organisasi yang menjadi perencana dan pelaku aktif setiap aktivitas organisasi, SDM yang unggul merupakan faktor penting dalam suatu organisasi yang eksistensinya tidak dapat diabaikan guna menentukan keberhasilan organisasi dalam meraih tujuan,” ujarnya.

Artinya pembangunan SDM menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. Menyikapi program prioritas Kapolri tersebut, dalam upaya peningkatan profesionalisme dalam bimbinaan SDM jajaran Polda Sumsel.

Maka tema Rakernis Biro SDM Polda Sumsel adalah “mewujudkan SDM Polda Sumsel yang unggul dan kompetitif guna mendukung peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan”.

“Dari tema itu dapatlah kita maknai bahwa jajaran Biro Sdm Polda Sumsel memiliki semangat dan tekad untuk mewujudkan SDM unggul Polri yang presisi,” katanya kepada wartawan.

Tentunya untuk membangun dan mengembangkan kompetensi anggota Polri yang paripurna tentu memerlukan konsistensi dan kerja keras kita untuk menyiapkan program kerja yang terukur dan berkesinambungan.

Sebagaimana arahan Kapolri pada Rakernis gabungan Divisi Polri TA. 2023 di Mabes Polri pada 3 Maret 2023 yang lalu, Kapolri menekanan kepada jajaran polri untuk segera memperbaiki kepercayaan institusi dimata masyarakat, wujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Sehingga agenda nasional dan internasional 2023 dapat berjalan dengan lancar serta aman sehingga dapat mendukung peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Oleh karena itu saya berharap dengan terlaksananya rakernis ini diharapkan dapat memunculkan berbagai gagasan, pemikiran dan ide perumusan perencanaan yang aplikatif untuk mewujudkan SDM unggul Polri presisi untuk meraih kepercayaan masyarakat,” aku dia.

Serta rakernis ini juga merupakan langkah strategis dalam menyamakan persepsi di aspek perencanaan, melakukan evaluasi kinerja dalam pembinaan dan pengelolaan SDM, guna mendukung operasional tugas baik pada satker maupun di satuan wilayah jajaran Polda Sumsel yang pada akhirnya dapat mendukung peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Saya juga berharap kepada seluruh penemban fungsi SDM Polda Sumsel dan jajaran agar melaksanakan tugas dengan baik, karena dengan pengelolaan SDM yang baik maka dipastikan organisasi Polri akan dapat berjalan sebagaimana visi dan misi,” tambahnya

Sehingga ini sesuai dengan arah kebijakan strategis institusi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan polri di mata masyarakat. Dalam kegiatan ini juga dilakukan Launching aplikasi Pa’Kepo dan penandatanganan MOU perumahan untuk personel Polda Sumsel.

Untuk peserta Rakernis yakni para Kabag Biro SDM, para Kabagsumda Polres, para Kasubbag/Kaurrenmin Satker, sedangkan undangan eksternal Rektor Universitas Bina Darma, Kepsek SMAN 17 Palembang, Kepsek MAN 3 Palembang, Kepsek SMK 2 Palembang, Pimpinan Ponpes Jami’atul Qurro, PT. Cipta Anugerah Musi dan lainnya.

Turut hadir dan sebagai narasumber dalam kegiatan rakernis SDM Polda Sumsel Kàro rena Polda Sumsel Kombes Pol Agus Santosa SH SIK ,Dirintelkam Kombes Pol Iskandar F Sutisna SIK MSI Kabid Propam Kombes Pol Agus Halimudin SIK MH Kabid Keuangan Kombes Pol Marsono SH serta Para Kabag dilingkungan Biro SDM Polda Sumsel serta acara diakhiri pembulatan oleh Kàro SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK MSI ****.
Pada kesempatan tersebut diumumkan juara lomba pengisian 100% SIPP
Juara pertama diraih Polres Prabumulih 100% Juara Kedua Satker Bidang Keuangan Polda Sumsel100% sedangkan Peringkat ketiga diraih Polres OKI 99%
sedangkan lomba Sosialisasi rekrutmen Polri peringkat pertama diraih Polres Muba dengan Nilai 99.1 sedangkan Polrestabes Palembang mendapat peringkat ke dua dengan nilai 78,5 untuk peringkat ketiga diraih Polres Prabumulih dengan nilai 29.5.untuk peringkat keempat dimenangkan Polres OKU dengan nilai 25,5 sedangkan Peringkat kelima dimenangkan Polres OKUS dengan nilai 18,2 untuk para pemenang diberikan Plakat oleh Kàro SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK MSI.( M.Nur )