Anggota DPRD Provinsi Bengkulu inta Pemprov Untuk Perhatikan Regenerasi Petani

ADVERTORIAL, BENGKULU102 Dilihat

Bengkulu,Kabarderah.Com-Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Mohd. Gustiadi, S.Sos meminta terhadap Pemerintah baik itu dari Daerah/Kota dan Provinsi harus memperhatikan regenerasi petani untuk ketahanan pangan, Jumat (10/11/2023).

Pemerintah harus sigap untuk mempersiapkan generasi terkhususnya dikalangan anak muda dibidang Petani. Ia pun mengatakan saat ini regerasi petani di pedasaan banyak yang bermigrasi meninggalkan desa untuk merantau ke Kota mencari pekerjaan.

“Permasalahan ini sampai dengan saat ini belum bisa diketahui secara pasti. Terbukti generasi muda dipedesaan untuk terlibat dalam profesi petani sangat minim, bahkan saat ini anak muda cenderung memilih meninggalkan kampung halaman,” ungkapnya,

Ketua DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Bengkulu, menjelaskan regenerasi petani semakin menghawatirkan, faktanya salah satu penyebanya karena banyak yang berpandangan menjadi petani tidak menjanjikan kehidupan sejahtera.

“Regenerasi ini semakin mengkhawatirkan, sehingga akhirnya mendorong eksodus generasi muda dari pertanian. Demi keberlanjutan sektor pertanian di daerah kita, tentu hal sedemikian harus menjadi perhatian pemda,” kata pria yang akrab disapa Edi Tiger ini.

Disamping itu, lanjut Edi Tiger, penyebab lainnya karena keberadaan lahan yang terbatas, harga komoditi pertanian yang belum berpihak pada petani, serta tingginya harga sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pertanian. “Kita contohkan saja harga pupuk dan kebutuhan lainnya, yang cenderung memberatkan petani,” singkatnya.(kd)adv