Jelang Ramadhan 1445 H/2024 M Ribuan Kaum Dhuafa Terima Bantuan Paket Sembako dari BAZNAS Tapin

 

Tapin.KabarDaerah.com – Menjelang bulan puasa ramadhan 1445 H/2024 M, Ratusan dhuafa mulai tukang becak, mualaf dan penyandang disabilitas (tuna netra) di Tapin mendapatkan bantuan paket sembako dari (BAZNAS) Badan Amil Zakat Nasional, Kabupaten Tapin.

Penyaliran bantuan sembako tersebut secara simbolis diserahkan Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin bersama Ketua BAZNAS Tapin Abdul Muthalib dan Jajaran,di Kantor BAZNAS Tapin, Lingkungan Mesjid Humasa, Rantau, Kabupaten Tapin. Senin (4/3/24).

Ketua BAZNAS Tapin Abdul Muthalib mengatakan, penyaluran bantuan paket sembako kepada kaum dhuafa jelang ramadhan ini merupakan program rutin tahunan BAZNAS Kabupaten Tapin.

“Jelang ramadhan 1445 hijriah (2024 M) sekarang kita salurkan sebanyak 1.300 paket sembako.Dan hhusus untuk kaum dhuafa di Kecamatan Tapin Utara ada 250 paket”,ujar Abdul Muthalib.

Ia menyampaikan, jumlah bantuan paket sembako kepada kaum dhuafa kali ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,dimana menjelang bulan ramadhan 1444 hijriah lalu jumlahnya sebanyak 800 paket yang disalurkan.

Dikatakannya,tambahnya jumlah paket sembako yang disalurkan ini,seiring dengan bertambahnya dana zakat dan infaq yang terkumpul di BAZNAS Tapin pada tahun ini,yang jumlahnya mencapai kurang lebih Rp 1,6 miliar.

Menurutnya,dana yang terkumpul hingga mencapai miliaran di BAZNAS Tapin ini, terbesar disumbang dari ASN Lingkup Pemkab Tapin tiap bulannya.

“Sebagiannya lagi dari para aghniya atau pengusaha dan masyarakat umum lainnya di Kabupaten Tapin”,sebutnya.

Abdul Muthalib menyebutkan, dana yang terkumpul di BAZNAS Tapin ini dikelola dan disalurkan kembali kepada mustahiq diantaranya bantuan sembako jelang ramadhan,fakir miskin, pendidikan, kesehatan,modal usaha keluarga kurang mampu dan lainnya.

Sementara,Penjabat (Pj) Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin mengapresiasi BAZNAS Tapin yang telah mengelola dan menyalurkan kembali dana zakat kepada kaum dhuafa didaerahnya dengan memberikan bantuan paket sembako menjelang ramadhan 1445 H/2024 M.

Menurutnya, hal seperti ini sangat baik dilakukan dan dinilai tepat guna serta tepat sasaran,mengingat kebutuhan masyarakat akan sembako ketika bulan ramadhan biasanya lebih meningkat.

“Kita berharap kedepannya BAZNAS Tapin bisa menggali lagi sumber zakat dan infaq agar maksimal lagi dalam melaksanakan program – programnya, diantaranya bantuan seperti sekarang ini”,harap Muhammad Syarifuddin.

Ia mengutarakan,guna lebih banyak lagi dana zakat dan infaq yang terkumpul di BAZNAS tapin,disamping menghimbau ASN agar memaksimalkan zakat profesi (zakat mal) juga akan bersurat kepada perusahaan yang beroperasi di Tapin, untuk mengajak mereka menyalurkan zakat atau infaqnya melalui lembaga resmi pengelola zakat (BAZNAS).(Ron).