Sambut dan Meriahkan Malam Lebaran 1445 hijriah Masyarakat Tapin Antusias Gelar Takbir Keliling

 

Tapin.KabarDaerah.com – Masyarakat muslim di Kabupaten Tapin sambut malam Idul Fitri 1445 hijriah dengan melakukan pawai takbiran keliling.
Selasa (11/4/2024) malam.

Suasana disepanjang jalan raya kota rantau atau jalur yang dilintasi peserta pawai yang menggunakan kendaraan berhiaskan nuansa islami tersebut ramai dipadati masyarakat yang menonton.

Banyak dari warga yang mengabadikan momen kemeriahan takbiran keliling ini menggunakan telepon pintar untuk dijadikan status di wasthap atau media sosial (medsos) lainnya.

Saat pelepasan,Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin menyampaikan,
takbiran keliling tahun ini diikuti oleh 50 kelompok peserta dan mengambil rute sekitar 10 kilometer melalui sejumlah jalan yang ada di Kota Rantau.

“Ini agenda rutin tahunan di Kabupaten Tapin, sebagai wujud suka cita dan antusiasme masyarakat dalam rangka menyambut dan memeriahkan malam takbiran atau malam Idul Fitri 1 Syawal”,
ujar Muhammad Syarifuddin.

Ia mengharapkan, melalui giat ini dapat meningkatkan hubungan silaturahmi antar warga masyarakat terutama umat muslim untuk saling menyapa satu sama lain dan menjaga kondusifitas daerah.

Senada dengan itu, Kapolres Tapin AKBP Sugeng Priyanto mengatakan, untuk mengamankan malam takbiran atau momen Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah tahun ini, pihaknya menerjunkan 300 personil gabungan.

“Untuk pengamanan Idul Fitri 2024 ini kita siapkan personil gabungan dari Polri,TNI,Satpol PP,Dishub dan relawan dan lainnya”,ujar Kapolres Tapin.

Ia mengatakan hingga saat ini, secara umum situasi Kamtibmas pada malam lebaran di Kabupaten Tapin masih aman, terkendali dan kondusif.

“Untuk pawai takbiran keliling malam Idul Fitri juga kondusif.Arus lalu lintas juga lancar, tidak ada hal – hal menonjol”, terang AKBP Sugeng.

Ia berharap, situasi Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Tapin ini bisa terus terjaga hingga nanti bahkan paska hari raya idul fitri 1445 hijriah usai.

Sementara, menyambut malam lebaran 1445 H/ 2024 M sekarang,warga di sejumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapin salah satunya di Binuang juga memeriahkannya dengan melakukan pawai takbiran keliling.

Kapolsek Binuang IPTU Nur Arifin mengatakan,ada sekitar 40 kelompok peserta perwakilan Desa atau Kelurahan yang mengikuti takbiran keliling itu.

Kapolsek menyampaikan,meski takbiran keliling tersebut melalui Jalan Raya A Yani, akan tetapi situasi arus lalu lintas di Binuang lancar dan kondusif.

“Karena selama takbiran keliling ini berlangsung, ada pengalihan arus lalin ke jalan By Pass”,ungkapnya.(Ron).