Supaya Tidak Mendatangkan Mudarat, Penanganan Sampah Dimaksimalkan Sehingga Jelang dan Paska Lebaran

DAERAH, TERBARU68 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Upaya tim kebersihan Pemkab Agam yang disiagakan selama libur lebaran, berjalan cukup maksimal sehingga sampah tidak menumpuk terlalu lama walaupun secara kuantitas volume sampah bertambah.

Aktivitas masyarakat meningkat selama libur lebaran. Dampaknya, selain memicu kemacetan di berbagai sudut wilayah, juga memicu meningkatnya volume sampah di berbagai tempat.

Titik yang potensial seperti di, pasar inpres Padang Baru, Lubuk Basung, pasar Balai Salasa, pasar lama kompleks terminal Antokan, Lubuk Basung dan beberapa tempat lain sangat diperhatikan.

Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Hamdi, Selasa mengatakan, sampah yang meningkat tajam sejak lebaran pekan lalu termasuk di berbagai pasar di kabupaten Agam. Meski sedikit kewalahan menangani produksi tetapi bisa diatasi.

Dikatakannya, membubungnya volume sampah produksi masyarakat akibat
tingginya aktivitas masyarakat terutama di lokasi yang ramai dikunjungi, dan lokasi strategis.

Pembersihan dan penanganan sampah hingga masih terus dilakukan tim kebersihan yang rutin sejak subuh sudah aktif bekerja di kawasan pusat kota Lubuk Basung.

“ Seluruh anggota tim kebersihan disiagakan dan tidak libur untuk antisipasi lonjakan sampah selama libur lebaran, sejauh ini bisa dikendalikan dengan baik,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing. Sampah yang menumpuk akan menimbulkan banyak dampak salah satunya sarang penyakit. (Gunawan/rel)