​Pangdam IM Buka kegiatan Operasi Teritorial (Opster) Tahun 2017

TERBARU92 Dilihat

Aceh Utara – Panglima Kodam (Pangdam) Iskandar Muda, Mayjen TNI Moch Fachrudin berharap agar penyelenggaraan kegiatan Opster TNI bisa membawa perubahan positif terhadap kehidupan sosial masyarakat di Provinsi Aceh Umumnya, Aceh Utara khusunya.

Hal itu dikatakan Mayor Jendral (Mayjen) TNI Moch Fachrudin SSos pada saat membuka kegiatan Operasi Teritorial (Opster) Tahun 2017 di Lapangan Bola Kaki Keude Simpang  Empat, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara, Kamis (29/6/17).

Teritorial tahun 2017 ini merupakan  tanggung jawab TNI dalam melaksanakan amanat  UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI khususnya dalam Operasi Militer Selain Perang membantu pemerintah daerah, dimana Opster merupakan komitmen dan wujud kepedulian TNI beserta jajarannya, untuk membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Aceh Utara. 

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat guna mempererat Kebhinekatunggalikaan, serta rasa persatuan dan kesatuan bangsa” terang MayjenTNI Moch Fachrudin.

Kegiatan ini diprioritas sasaran utama yaitu rehabilitasi perbaikan jembatan dengan panjang 25 meter di Desa Pucuk Alue, Kecamatan Tanah Jambo Aye, pembukaan jalan sepanjang 3 kilometer di Desa Lhok Dreun, Kecamatan Sawang. Selain itu merehab saluran irigasi sepanjang 100 meter, serta pengecatan meunasah dan pembersihan saluran air di 7 Desa.

Sedangkan sasaran nonfisik akan dilaksanakan kegiatan sosialisasi werving/penerimaan prajurit TNI, narkoba, penyuluhan wawasan kebangsaan, pertanian, perkebunan, bhineka tunggal ika, hukum, pembinaan mental, pemberian sarana kontak berupa sound system mesjid di 5 desa, serta bhakti sosial lainnya.

Dalam sambutannya Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch Fachrudin menyampaikan, pada situasi seperti sekarang ini, dimana lingkungan kita masih sangat membutuhkan kepedulian sosial, maka kita senantiasa dituntut untuk dapat memberikan aksi nyata bagi kepentingan masyarakat.

“Opster TNI yang akan dilaksanakan ini diharapkan dapat merubah emosi, sikap, tingkah laku, opini, motivasi masyarakat, sehingga terbentuk kepribadian yang mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi, memiliki wawasan kebangsaan dan karakter berbangsa, serta tidak mudah terprovokasi dengan pengaruh negatif yang dapat merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara,” harap Pangdam.

Turut hadir Danrem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, para Asisten, Kabalak Kasdam IM, para Dandim dan Danyonif jajaran Korem 011/LW, para Komandan Satuan Dinas Jawatan dan para Kasi/Pasi Korem 011/LW, Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib, Walikota Lhokseumawe Suhaidi Yahya, para unsur Forkopimda,  para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, para Prajurit TNI jajaran Korem 011 / LW, personel Polri Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, Satuan Satpol PP/WH, Pramuka, para tamu undangan dan masyrakat sekitar yang hadir. (rilis)

Tinggalkan Balasan