Calon Bintara Polda Jambi Diikuti Warga Suku Anak Dalam

TERBARU1818 Dilihat

 

 

Jambi, KD — Banyak cerita miring, terkait penerimaan calon Bintara Polri yang selalu menggunakan uang jika masuk polisi.

Namun tidak demikian di Jambi saat ini. Banyak dari peserta dari mengaku berasal dari orang tidak mampu. Bahkan, diantara ratusan calon bintara terdapat dari suku terasing Jambi, yakni warga suku anak dalam (SAD).

Berikut, petikan cerita mereka dari golongan yang tidak mampu dan dari SAD Jambi.

Seperti cerita dari orang tua Reza bernama Abdul Gani, dirinya saat ini bekerja sebagai kuli panggul. Selama tahapan seleksi penerimaan calon bintara, dirinya sama sekali tidak pernah mengeluarkan biaya sepeserpun untuk anaknya.

“Sayo ni buruh, anak sayo tes ini dak do keluar duit. Murni nian. Macam mano nak ngasi duit, sayo be cuma buruh,” cerita Gani, Rabu (9/8/2017).

Selain Reza, Ada juga yang berasal dari perwakilan suku anak dalam, yakni Fikri. Dirinya mengatakan masuk polisi tidak ada dipungut biaya apapun.

“Kato orang masuk polisi bayar, tapi sayo dak pecayo, makonyo sayo cubo daftar. Selama tes, sayo dak dipungut uang. Jadi warga SAD juga bisa bersaing dengan warga lain,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto mengatakan mereka yang lolos dan terpilih mampu ikut pendidikan dan bisa menjadi anggota Polri.

Sebelum pengumuman kelulusan tersebut, ratusan calon Bintara Polri ini mengikuti supervisi dari Mabes Polri. Supervisi dilakukan untuk mengecek apakah seluruh tahapan penerimaan ini berjalan atau tidak.

“Para peserta yang terpilih juga sudah sesuai dan melalui tahapan seleksi,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Kapolda, bagi yang lulus dan terpilih agar menyiapkan diri untuk mengikuti pendidikan agar bisa menjadi anggota Polri sesuai harapan, yang mampu mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat.

“Bagi yang belum berhasil, jangan berkecil hati. Jika ingin ikut tes lagi, persiapkan diri sebaik-baiknya. Cek apa yang menjadi kekurangan untuk tes berikutnya,” pungkas Priyo.

Setidaknya ada sebanyak 159 calon nintara umum pria, mulai Minggu lalu menjalani pendidikan di SPN Polda Jambi. Ratusan calon bintara ini dinyatakan lolos dan terpilih dalam sidang kelulusan akhir seleksi penerimaan calon Bintara Polri 2017 Panda Polda Jambi pada Sabtu sebelumnya.

Tidak hanya itu, ada sekitar 9 calon bintara wanita menjalani pendidikan di sepolwan di Jakarta. Sedangkan calon bintara khusus teknologi informasi (TI) akan menjalani pendidikan di SPN Polda Jabar. (aris/ratno)

Tinggalkan Balasan