Menlu Retno Menggunakan Syal Palestina Dalam Pembukaan BDF

DAERAH, TERBARU70 Dilihat

TANGERANG.KABARDAERAH.COM- Menlu RI, Retno LP Marsudi mengenakan syal bercorak khas Palestina. Syal itu adalah bentuk komitmen dukungan RI kepada Palestina setelah AS mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Syal itu dipakai Menlu Retno saat membuka Bali Democracy Forum ke-10, di Indonesia Convention Exhibiton (ICE), BSD, Tangerang, Kamis (7/12).

“Saya berdiri disini mengenakan syal Palestina untuk menunjukkan komitmen Indonesia bahwa kami mendukung Palestina dan hak-hak masyarakat Palestina,” kata Retno.

Pernyataan Trump itu disebutkan oleh Retno merupakan hal yang melawan hak demokrasi. Pengakuan tersebut juga tidak sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB (UNSC).

“Demokrasi adalah menghormati hukum Internasional. Namun pengakuan ini menunjukkan ketidakhormatan terhadap resolusi UNSC,” tegas Retno.

Negara-negara lain juga mengutuk sikap AS ini. Namun Trump mengabaikan semua itu dengan tetap menyampaikan pengakuan resmi atas Yerusalem. Dengan pernyataan Trump ini, maka AS menjadi negara pertama di dunia yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. ***

Penulis: Zulfahmi Siregar