Minta Kejelasan Kantor Desa, DPRD Bangkalan Gelar Hearing

POLITIK, TERBARU87 Dilihat

BANGKALAN.KABARDAERAH.COM- Komisi A DPRD Kabupaten Bangkalan gelar hearing bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Hearing tersebut membahas pelaksaanaan pembangunan kantor balai desa, Rabu (3/1/2018).

Berdasarkan data yang dihimpun oleh DPMD Kabupaten Bangkalan, terdapat sebanyak 154 dari 273 desa di Kabupaten Bangkalan sudah dalam tahap pembangunan. Namun, pengawasan dalam pembangunan ini belum secara maksimal.

”Rekan-rekan akan melakukan Sidak ke kecamatan-kecamatan dan desa-desa yang sudah mendapatkan bantuan. Sampai se berapa pelaksanaan kantor desa itu di laksanakan,” ucap Moelyanto Dahlan Kepala DPMD Kabupaten Bangkalan saat ditemui kabardaerah.com usai acara.

Moelyanto menuturkan, untuk anggaran pembangunan kantor desa yang sifatnya baru, jumlah nominal anggaran tersebut senilai 230 juta rupiah. Sedangkan terkait renovasi perbaikan kantor sebesar 100 juta.

”Sejumlah 230 juta untuk Pembangunan total, kalau yang rehab 100,” tuturnya.

Moel sapaan akrabnya menambahkan, pihaknya akan menggelar inpeksi mendadak (Sidak) terhadap setiap kecamatan dan desa yang sudah menerima bantuan pembangunan balai desa. Sehingga ke depan menurutnya keinginan masyarakat untuk memiliki kantor desa bisa tercapai.

Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Bangkalan, Mahmudi mengatakan bahwa hearing tersebut digelar untuk mengetahui penyaluran bantuan dana dari pemerintah daerah terkait pembangunan kantor desa.

“Kami berinisiatif seperti ini agar tau bantuan keuangan dari pemerintahan daerah itu sudah cair apa belum. Alhamdulillah tadi disampaikan untuk kecamatan kwanyar sudah menerima bantuan keuangan dari Pemda ke desa,” pungkasnya.

(Ril/Ais)