Gegara Laporan Realisasi Tahap Pertama Tidak Ada, Dana Desa Buntubuda Terancam Hangus

Mamasa kabardaerah.com Pencairan Dana Desa Buntubuda, Kecamatan Mamasa, kabupaten Mamasa, Provinsi  Sulawesi Barat, Terancam hangus atau tidak bisa cair pada pencairan tahap kedua.

Hal ini disebabkan laporan realisasi pencairan tahap pertama oleh mantan kepala desa buntu Buda hingga saat ini belum ada. Senin 14/8/2023.

Berawal adanya informasi dari beberapa masyarakat desa buntu Buda penerima BLT yang ingin mempertanyakan soal bantuan mereka yang tidak cair kepada kepala desa yang baru terpilih 2023.

“Kami akan mempertanyakan hal ini kepada kepala desa yang baru terpilih, kenapa penyaluran bantuan kami tidak ada padahal didesa desa lain sudah menerimanya,” Ucap Salah satu masyarakat desa buntu Buda yang enggan disebutkan namanya.

Di tempat terpisah kepala desa buntu Buda Armas yang baru terpilih sebagai kepala desa Buntubuda beberapa bulan yang lalu membenarkan hal tersebut.

Dia menjelaskan jika dirinya di datangi oleh beberapa masyarakatnya mempertanyakan bantuan langsung tunai (BLT) mereka yang sampai saat ini belum di salurkan.

“Iya benar pak beberapa waktu yang lalu beberapa masyarakat saya datang menemui saya mempertanyakan bantuan mereka yang sampai saat ini belum tersalurkan,” 

Selain itu kepala desa Buntubuda Armas yang baru terpilih tersebut menuturkan jika dirinya sudah memberi penjelasan yang sejelas jelasnya kepada semua masyarakatnya sebab dan akibat yang akan terjadi bila hal ini tidak segerah di selesaikan oleh mantan kepala desa Buntubuda.

” Saya sudah memberi penjelasan kepada mereka jika alasan belum adanya penyaluran BLT yang bersumber dari dana desa hingga saat ini belum bisa terproses karna laporan realisasi pencairan tahap pertama oleh mantan kepala desa belum  ada sampai saat ini,” Tutur Armas 

“Bukan hanya BLT yang tidak bisa tersalur tetapi dana desa Buntubuda tahap kedua bisa terancam hangus atau tidak bisa cair jika laporan realisasi tahap pertama tidak ada dari mantan kepala Buntubuda sebelumnya,”pungkasnya 

Sementara itu kasi pemerintahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kaharuddin juga membenarkan hal tersebut jika Laporan Realisasi pencairan tahap pertama tahap pertama Desa Buntubuda hingga saat ini belum ada.

Menurutnya pihaknya sudah mengkonfirmasi mantan kepala desa Buntubuda untuk segerah memasukkan laporan realisasi tahap pertama desa Buntubuda namun belum direspon.

” Memang benar masih ada beberapa desa yang sampai saat ini belum memasukkan laporan realisasi tahap pertama tahun anggaran 2023 termasuk Desa buntubuda,” ucap Kaharuddin

“Dan kami sudah konfirmasi pihak terkait yakni mantan kepala desa Buntubuda melalui whatsApp tetapi tidak direspon bahkan kami sudah mendatangi langsung rumahnya tetapi yang bersangkutan tidak ada,” Tambahnya 

Kahar berharap agar Desa-Desa yang belum memasukkan laporan realisasi tahap pertama mereka agar secepatnya memasukkan laporan mereka mengingat waktu yang sudah sangat mepet.

“Kami berharap Bagi Desa Desa atau yang bersangkutan termasuk Desa Buntubuda segerah memasukkan laporan realisasi secepatnya agar pencairan tahap kedua segerah cair dan tidak berdampak buruk,” Pungkasnya.

Sementara itu pernyataan dari mantan kepala desa buntu Buda hingga saat ini belum ada kami mencoba menghubungi melalui whatsApp dan telpon tetapi tidak aktif.

Dan kami masih berusaha untuk mendapatkan keterangannya terkait hal ini.|***