Masyarakat Diminta Meningkatkan Kewaspadaan Cuaca Ekstream

TERBARU22 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Menyikapi perubahan cuaca yang semakin ekstrem beberapa hari terakhir Kepala BPBD Agam M.Lutfie, AR ngimbau masyarakat kabupaten Agam untuk meningkatkan kewaspadaan.

Beberapa hari terakhir, banjir dan longsor di beberapa wilayah, dampak curah hujan yang mendadak tinggi. Selain itu juga terjadi angin kencang yang memicu pohon tumbang serta merusak sarana umum.

“ Wilayah kabupaten Agam yang mayoritas rawan dampak dan resiko bencana. Ancaman resiko bencana justru akan semakin tinggi, jika masyarakat tidak waspada, terutama saat berada di luar rumah, apalagi,” kata Lutfi, Kamis.

Ia juga meminta masyarakat segera menginformasikan pada pihaknya jika terjadi hal-hal yang merugikan, terutama jika musibah melanda wilayah masyarakat, sehingga pihaknya segera bisa menurunkan personil ke lapangan untuk mengantisipasi dampak pasca bencana.

“ Masyarakat harus waspada dampak perubahan cuaca tersebut, sehingga hati-hati jika berada di luar rumah, baik saat di jalan menggunakan kendaraan, melintasi kawasan pebukitan. Kalau terjadi musibah segera laporkan ke BPBD,” jelasnya.

Dalam dua hari terakhir, tercatat 3 kecamatan yang terdampak bencana, di kecamatan Palembayan jalan longsor dan jembatan ambruk, di kecamatan Ampek Nagari, pohon tumbang menimpa sekolah, di Tanjung Mutiara, banjir dan longsor. ***

(Gunawan/rel)