Jejak Oniara Wonda, Tembaki Tito Karnavian dan Tewaskan 3 Polisi Polsek Pirime

KRIMINAL41 Dilihat

PAPUA.KABARDAERAH.COM- Oniara Wonda, salah satu pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang paling dicari aparat keamanan akhirnya berhasil ditangkap.

Penangkapan Oniara Wonda oleh aparat dilakukan di Kampung Igimbut, Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, pada 31 Mei 2020.

Sebagai salah satu pentolan KKB, Oniara Wonda memiliki sepak terjang dan catatan kriminal yang tidak bisa dianggap remeh.

Salah satu yang paling menonjol adalah penyerangan terhadap rombongan mantan Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian di Distrik Pirime, Kabupaten Lanny Jaya, pada 28 November 2012.

“Penembakan terhadap Mantan Kapolri Jendral (Purn) Tito Karnavian yang saat itu menjabat sebagai Kapolda Papua tanggal 28 November tahun 2012 saat akan menuju ke TKP Polsek Pirime,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, di Jayapura, Selasa (2/6/2020).

Ketika itu, Waterpauw menambahkan, rombongan mantan Kapolda Papua sedang menuju Polsek Pirime yang beberapa hari sebelumnya diserang oleh KKB termasuk Oniara Wonda.

Seperti diketahui, dalam penyerangan Polsek Pirime mengakibatkan anggota polsek berjumlah 3 orang meninggal dunia.

Selain aksi tersebut, Oniara Wonda juga terlibat dalam delapan aksi kriminal lainnya. Dalam setiap aksi yang dilakukan dengan kelompoknya, yang menjadi sasaran adalah aparat dan senjata apinya. Terakhir Oniara Wonda berulah pada 3 November 2018.

“Penembakan terhadap aparat TNI/Polri (Satgas Ops Nemangkawi) saat akan dilakukan penegakan hukum di Markas Balingga, Kabupaten Lanny Jaya,” kata Waterpauw.

Kini Oniara Wonda sudah berada di RS Bhayangkara Jayapura karena saat penangkapan aparat terpaksa melumpuhkan yang bersangkutan dengan tembakan.

“Saat dilakukan penyergapan dan penangkapan, anggota KKB Oniara Wonda berusaha melarikan diri, Sehinga petugas terpaksa mengeluarkan tembakan kearah kaki untuk melumpuhkan,” ujar Paulus.

“Setelah itu Target berhasil diamankan dan selanjutnya dibawa ke Jayapura untuk mendapatkan perawatan di RS. Bhayangkara.”

Sebelumnya, aparat Polda Papua menangkap Oniara Wonda. Dia merupakan salah seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang paling dicari sejak 2011.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, Oniara Wonda ditangkap pada Minggu (31/5/2020) sekitar pukul 19.30 WIT. Penangkapan dilakukan di Kampung Igimbut, Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya.

“Pukul 19.30 WIT, tim tiba di Kampung Igimbut, kemudian melakukan penyergapan dan penangkapan terhadap anggota KKB Oniara Wonda yang saat itu berada di rumah Yotinus Telenggen alias Vandem Telenggen,” ujar Paulus.

Paulus menjelaskan, Oniara Wonda berusaha kabur saat penyergapan dilakukan aparat keamanan. Petugas pun terpaksa menembak kaki pentolan KKB tersebut.

“Petugas terpaksa mengeluarkan tembakan ke arah kaki untuk melumpuhkan,” kata Paulus.

Paulus juga telah berkoordinasi dengan sejumlah tokoh masyarakat untuk membantu menangkap anggota KKB lainnya.

“Kami mengharapkan peran serta para tokoh untuk membantu aparat keamanan dalam melakukan penindakan terhadap kelompok kriminal bersenjata yang selama ini meresahkan masyarakat di Papua,” kata dia. **

(Chn/Kompas)