Longsor di Ngungun Ganghu Akses Lubuk Basung-Bukittinggi

LIPUTAN KHUSUS55 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan longsor di ruas Ngungun, Jorong Lubuk Sawo, Nagari Persiapan Dalko, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Material yang cukup besar menyebabkan pembersihan harus dilakukan dengan Alat berat.

Dari informasi yang dihimpun di lokasi terjadi kemacetan panjang dari jalur maninjau ke Lubuk Basung maupun sebaliknya. Kejadian ini mengakibatkan akses Lubuk Basung-Bukittinggi untuk sementara terputus.

Longsor berasal dari tanah tebing yang diduga lunak akibat tingginya intensitas hujan, meterial menghantam jalan, Jumat (8/1) sekitar pukul 15.45 WIB. Di lokasi itu juga ada warung, hingga saat ini tidak ada korban jiwa, dan alat berat baru tiba di lokasi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, M Lutfi mengatakan, material yang menimbun badan jalan di Ngungun cukup besar, lebih kurang sepanjang 20 meter, dengan ketinggian 2 meter dan lebar 8 meter.

Selain menimbun jalan, material longsor turut merusak satu warung milik M.Yani, (52) yang berada di lokasi. Material longsor juga menimbun 2 unit sepeda motor dan 1 minibus yang terjebak longsor milik pemilik kedai.

” Material longsor yang menutupi ruas jalan provinsi itu, selain menyebabkan akses jalan utama itu tertutup total juga menyebabkan kerusakan kedai milik M.Yani yang berada di pinggir jalan,” katanya. **

(Ok/din)