Ekos Albar pebisnis tangguh asal kota Payakumbuh, berpeluang duduki Wakil Walikota Padang

BERITA UTAMA19 Dilihat

Sumbar.KabarDaerah.com– Fungsionaris DPP PAN H. Ekos Albar berpeluang duduki kursi Wawako Padang.

Pasca dilantiknya Hendri Septa sebagai Walikota Padang defenitif oleh gubernur Sumbar Mahyeldi dua hari lalu.

Kini, peta politik Kota Padang tanbah menggeliat. Kursi Wakil Walikota Padang yang kosong mulai diincar banyak kalangan.

Dua Parpol pengusung PKS dan PAN tengah mendalami berbagai nama.

Sebelum diajukan Wako Padang ke DPRD untuk dipilih, banyak terjadi diskusi alot ala kadai kopi.

Pertanyaannya, apakah PAN legowo menyerahkan kursi kosong itu ke PKS, pasca Mahyeldi naik menjadi Gubernur Sumbar?

“Tak ada kata pasti. Politik adalah kepentingan, lagi lagi posisi tawar ekos Albar harus menjadi pertimbangan bagi DPRD kota Padang”, kata Indrawan ketua LSM KOAD

“Kursi Wakil Walikota Padang, bukan hanya hak PKS., tapi juga Partai Partai Amanat Nasional (PAN), jadi silahkan semua yang berminat, ikut berkompetisi dengan sehat”, ujar Indrawan lagi

Politik selalu dinamis, kesepakatan bisa saja berubah sedetik sebelum diusulkan ke DPRD.

dan DPRD tentu punya model tersendiri untuk memilih calon pengisi kursi kosong sebagai wakil walikota itu.

“Dulu PKS berhak sebagai Walikota, sehingga jika ditinggalkan, karena Walikota maju sebagai Gubernur, aturan ke tata negaraan lah yang menjadikan Wakilnya naik menjadi Walikota.

Sedangkan posisi wakil tetap menjadi hak PAN sebagai partai pendamping PKS. lagi pula PKS telah tinggalkan Janjinya dengan Walikota pengganti.

Namun politik tidak hanya bicara hak, tapi bagaimana cara meyakinkan seluruh anggota DPRD kota Padang melalui program dan ide yang cemerlang, itu juga bukan yang utama, Lobi kelas atas juga sangat diperlukan untuk itu.

lanjuta Indrawan ketua LSM KOAD, “PAN terlihat tidak tinggal diam atas keadaan tersebut. Kedatangan Bang Zul petinggi PAN ke kota Padang, di duga kuat dalam rangka Lobi-Lobi tersebut”, tandas Indrawan ketua LSM KOAD.

Untuk  diingat, bahwa PKS bukanlah fraksi terbesar di DPRD kota Padang, pemilik kursi terbanyak adalah Gerindra lalu PAN dan Demokrat,” ujar Indrawan ketua LSM KOAD Jumat (9/3-2021).

Terlepas dari itu, prediksi berbagai kalangan, meyimpulkan, calon PKS sebagai pengisi kursi Wawako butuh energi lebih.

katanya lagi,  “Ekos Albar mampu menjadi pendamping bagi Walikota dalam menuntaskan PR berat yang ditinggal Mahyeldi.

memang ada banyak nama yang muncul untuk menjadi pendamping walikota Hendri Septa, guna menuntaskan periode kepemimpinannya.

Banyak kalangan, menilai bahwa  Hendri Septa harus didampingi sosok memiliki networking nasional, bukan hanya politisi tulen saja, dari sederetan nama yang muncul, H.Ekos Albar mulai jadi pertimbangan untuk diapungkan.

“H. Ekos berpengalaman di kancah Nasional, Ekoa Albar adalah sosok seorang pengusaha nasional yang sukses di ibu kota.

H. Ekos banyak relasi, dan diyakini akan membantu Walikota Hendri Septa dalam menyeleaikan tugasnya.

H.Ekos sangat tepat dan pas agar Padang cepat keluar dari keterpurukan ekonomi akibat krisis di masa pandemi,” itulah kesimpulan banyak kalangan di Padang kota tercinta ini.

Ekos juga fungsionaris DPP PAN, menurut banyak pihak, hal itu bukan halangan, meski Hendri Septa adalah Ketua DPD PAN Kota Padang.

Baca Juga:  Pengerjaan Tol Padang-Pekanbaru Lanjut, Jika Pembebasan Lahan Tuntas

“Untuk Padang lebih maju dan lebih baik dalam mensejahterakan warganya, kita tidak bisa memandang Parpol dan daerah asal. kredibilitas, sangat menentukan.

Sosok Ekos Albar harus dilihat dari kekuatan konsep dan relasi secara Nasional,” demikian kesimpulan diskusi beberapa elite politik kota Padang.

Di masyarakat Padang, kursi kosong wawako ini pun menjadi diskusi menarik hampir banyak kedai yang sering mencikarui politik, seperti di Pondok, Ulak karang, Air Tawar dan di kawasan Belanti. Saat nama Ekos Albar disampaikan respon positif bermunculan.

H.Ekos Albar jadi Wawako Padang, uih ini keren, pasti memberika energi positif bagi Wako Hendri dan Kota Padang.

“Semoga Ekos mau turun gunung dari ibukota negara dan berkolaboraai dengan Walikota dan stakeholder kota menjadikan Kota Padang lebih baik,,” ujar Nova warga Belanti Padang Kamis siang tadi.

H Ekos Albar, SE adalah seorang pengusaha muda Ranah Minang yang tergolong sukses , kini bermukim di Jakarta. keseriusannya maju sebagai Wakil Walikota akan berdampak positif bagi Walikota Hendri Septa ke depan. sehingga menjadikan Ekos harus benar-benar serius, serta dapat dijadikan pasang ancang-ancang dengan melakukan berbagai hal yang dapat menaikkan posisi tawarnya di Sumbar di pemilihan mendatang.

Ekos Albar, pernah maju sebagai calon anggota DPR-RI pada Pileg 2019 lalu. pengalaman sebagai Caleg 2019 bisa dijadikan ekos sebagai dorongan untuk mengabdi ke daerah Padang.

“Kita mengharapkan seluruh komponen masyarakat bersedia memberikan dukungan agar bisa berbuat lebih banyak untuk masyarakat kota Padang,” ujar Indrawan aktivis LSM.

lanjut Ekos, “ Yang paling utama dan menjadi kekuatan untuk maju sebagai calon Wakil Walikota Padang 2021, ” keyakinan diri, restu ibunda tercinta, istri serta keluarga besar,” ujar nya lagi meyakinkan.

Indrawan sangat yakin dengan kemampuan Ekos Albar, “Ekos memiliki visi misi yang brilyan, coba kita lihat nanti.

Namun demikian dorongan dari relasi dan masyarakat tentu sangat dibutuhkan untuk membangun ekonomi dan wisata Padang.

Potensi besar disektor tersebut akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi Padang kedepan,” pungkas alumni tahun 1988 SMA 1 Payakumbuh itu.(Red)