Tips Membeli Handphone Untuk Para Content Creator

Menjadi seorang content creator kini sudah menjadi pekerjaan impian bagi banyak millennial. Hanya dengan berbekal handphone canggih, seperti Xiaomi Mi 10T Pro, dan kemampuan edit sedikit-sedikit, kini anak millennial bisa menghasilkan konten baik berbentuk video, audio, audio visual atau dalam format lainnya.

Akan tetapi, tidak semua handphone yang ada di pasaran saat ini bisa memenuhi ekspektasi millennial yang ingin membuat konten dengan kualitas nomor satu. Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak millennial yang ingin membuat konten terbaik, berikut ini tips membeli handphone canggih untuk Anda.

Perhatikan Fitur Kamera
Kamera handphone memegang peranan penting untuk menjadi seorang content creator apalagi konten video atau audio visual. Adapun fitur kamera yang baiknya Anda perhatikan adalah:
Kualitas pengambilan gambar. Semakin besar ukuran piksel kamera, maka semakin jernih pula gambar yang dihasilkan.

Kualitas aperture kamera. Aperture adalah fitur khusus pada kamera, khususnya kamera digital yang berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk dalam kamera. Semakin kecil nilai aperture, maka semakin banyak pula cahaya yang diserap oleh kamera Anda sehingga hasil gambar yang diambil akan lebih jernih dan fokus. Intinya, jika handphone Anda memiliki tingkat aperture yang rendah, maka ruang Anda bermain-main dengan fokus dan pencahayaan gambar akan semakin bagus juga.

Frame rate video. Frame rate video secara sederhana dapat diartikan sebagai jumlah gambar yang digabung dan diputar dalam setiap detik di sebuah video. Satuan dari frame rate video adalah fps. Sebuah video dikatakan sebagai memiliki frame rate yang bagus dan halus jika nilai fps video tersebut minimal 1080p@30/60/120fps.

Perhatikan Kualitas Mikrofon
Ini penting untuk Anda, jika Anda adalah content creator yang memproduksi konten berbentuk audio baik itu musik atau podcast. Dalam beberapa merek HP, kualitas mikrofon cenderung timpang antara mikrofon bawah dengan mikrofon atas. Artinya, biasanya hasil rekaman yang direkam menggunakan mikrofon bawah cenderung lebih jelas dan jernih.
Oleh karena itu, apabila Anda ingin membuat podcast hanya dengan handphone saja, maka ada baiknya sebelum membeli handphone Anda memeriksa kualitas hasil rekaman handphone tersebut baik menggunakan mikrofon atas atau mikrofon bawah.
Perhatikan Kualitas Speaker
Kualitas speaker berperan penting dalam proses editing karya entah itu karya dalam bentuk podcast, video, atau audio visual. Apabila Anda menggunakan handphone dengan kualitas speaker yang jelek, bisa jadi Anda tidak akan mendengar suara noise yang tidak sengaja terekam.

Tentu hal ini bisa jadi mengganggu. Apalagi kalau kualitas handphone yang dipakai oleh follower Anda justru lebih bagus. Bisa-bisa justru dia yang menangkap suara noise di konten Anda dan kalau suara noise tersebut terlalu jelas, tentu akan mengurangi kepuasan follower Anda atas kualitas konten yang Anda hasilkan.

Cari Yang Punya Kapasitas Memori Besar
Saat membuat sebuah konten, kemungkinan besar Anda harus mengulang berkali kali sebelum mendapat hasil yang memuaskan? Bukankah begitu? Nah, di sinilah peran punya handphone yang punya kapasitas memory besar. Anda tidak perlu repot-repot langsung menghapus hasil recording yang gagal saat itu juga.
Lain daripada itu, punya handphone dengan kapasitas memori besar juga membuat handphone Anda bisa diisi dengan banyak aplikasi, file dan anti lemot. Terutama jika Anda adalah content creator gaming yang pastinya tidak hanya butuh handphone dengan kamera bagus tapi juga butuh handphone dengan memori besar.

Kestabilan Kamera

Kualitas handphone sudah nomor 1 tapi hasil gambar masih sering blur? Itu bisa jadi bukan kesalahan tangan Anda yang sering bergetar loh. Bisa jadi memang handphone Anda belum dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS).
OIS adalah teknik mekanis yang digunakan untuk mengontrol stabilitas pengambilan gambar. Apabila handphone Anda memiliki fitur ini, maka kemungkinan hasil gambar buram akan berkurang. Sebab, fitur ini memungkinkan handphone untuk mengontrol jalur optik yang kemudian disambungkan dengan sensor gambar.

Salah satu handphone yang sudah dilengkapi dengan fitur OIS adalah Xiaomi Mi 10t pro. Xiaomi Mi 10t pro adalah handphone canggih yang bisa Anda beli di blibli. Handphone ini tidak hanya canggih karena sudah punya fitur OIS yang membuat gambar Anda anti buram, tetapi juga dilengkapi dengan fitur-fitur lain seperti:

Resolusi kamera 1080 x 2400 pixel.
Baterai 5000 mAh yang bisa awet sampai 1,5 hari. Daya baterai juga dapat diisi dengan menggunakan fitur fast charging. Xiaomi Mi 10t Pro memungkinkan Anda untuk mengisi baterai kapasitas 5000 mAh hanya dalam 1,5 jam saja.

RAM 256 GB. Perlu diketahui kalau handphone ini tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal. Akan tetapi, dengan kapasitas RAM sebesar ini, tentu Anda sudah bisa menyimpan file dalam jumlah yang banyak.

Kamera dengan kualitas 108 MP, aperture f/1.7 sampai f/2.4, frame video rate 1080p@30/60/120fps. Dengan fitur ini, tentu gambar yang Anda hasilkan tidak hanya jernih tapi juga halus dan fokus.

Kamera depan dengan kualitas 20 MP.
Kualitas sound yang dihasilkan juga mantap baik dari speaker atas ataupun speaker bawah. Ini memungkinkan Anda untuk menghilangkan noise suara yang tidak perlu.

Fitur istimewa dari Xiaomi Mi 10t pro adalah Anda bisa membuat video atau picture clone hanya dengan handphone saja. Menarik bukan?