Hanya Beberapa Bulan Menjabat, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE Membuat Kemajuan Daerah

BERITA UTAMA, FIGUR658 Dilihat

Suasana pilkada Kabupaten Tanah Datar beberapa bulan yang lalu, masih teringat dengan jelas. Ketika seorang Wakil Bendahara Umum DPP Partai Demokrat, Eka Putra, SE yang berhasil memperoleh hampir 50% suara pada Pilkada Tanah Datar tahun 2020. Tentu saja hal itu menjadi kemenangan mutlak baginya.

Benar saja, amanah masyarakat itu membawanya menjadi Bupati Tanah Datar periode 2021 – 2024, yang diangkat sejak 25 Februari 2021 lalu.

Tidak hanya itu, Eka Putra menunjukan pencapaian signifikan meski belum setahun menjabat.

Siapakah Eka Putra, SE?

Eka Putra, SE yang lahir di Tanjung Bonai, Lintau Buo Utara, Tanah Datar, Sumatra Barat, 11 Juli 1975 (46 tahun) silam.

Eka menempuh pendidikan di SDN 3 Tanjung Bonai, Lintau tahun 1982-1988 dan SMPN 2 Lintau, Tanah Datar tahun 1988-1991. Semasa SMP, ia terpilih sebagai Ketua OSIS di sekolahnya.

Kemudian, ia bersekolah di SMA DR. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang tahun 1991-1994. Pada 1994, Eka merantau ke Makassar dan kuliah di Politeknik Maritim (Polimarim) AMI Veteran Makassar dan memperoleh gelar Diploma III tahun 1998. Pada 2007, ia melanjutkan pendidikan S1 Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lembaga Pendidikan Indonesia (STIM LPI) Makassar dan meraih gelar Sarjana Ekonomi (S.E.) tahun 2011.

Ia juga mengikuti Progran Pendidikan Reguler Angkatan LV Lemhannas RI tahun 2016.

Eka Putra, SE merupakan seorang Pengusaha dan Tokoh Politik sebagai Wabendum DPP Partai Demokrat. Barulah mendapatkan amanah rakyat menjadi Bupati Tanah Datar.

Apa prestasi Eka Putra, SE untuk kemajuan Kabupaten Tanah Datar?

Dalam hal ini, penulis hanya menyampaikan beberapa saja (tidak semuanya) dari sekian banyak prestasi kemajuan Kabupaten Tanah Datar di tangan Eka Putra, SE.

Adapun diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Menjadi TPID Berprestasi se-Sumatera.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tanah Datar menorehkan sebuah prestasi membanggakan dengan menjadi yang terbaik dan memperoleh penghargaan TPID Award 2021 kategori TPID berprestasi kabupaten/kota wilayah Sumatera.

Penghargaan ini diumumkan saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021 yang dibuka Presiden Jokowi secara virtual dari Istana Negara.

Pemberian penghargaan ini disaksikan Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Wagub Sumbar Audy Joinaldy.

Kemudian, disaksikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar Wahyu Purnama dan Deputi Kepala Perwakilan Gunawan Wicaksono, Plh Sekda Tanah Datar Edi Susanto di Aula Bank Indonesia (BI) di Padang.

2. Pembangunan Pasar Sumanik Kecamatan Salimpaung.

Bupati Tanah Datar Eka Putra letakan batu pertama tanda dimulainya Pembangunan Pasar Sumanik Kecamatan Salimpaung dengan dana Rp 3 milyar.

Peletakan batu pertama tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Tanah Datar Roni Dt. Bungsu dan anggota DPRD lainnya Dedi Irawan, Nurhamdi Zahari, Beni Apero, Kepala Dinas Koperindag beserta Jajaran, Kepala OPD Terkait, Camat Salimpaung Heru Rachman beserta Forkopimca, Pimpinan Bank Nagari Cabang Batusangkar, Wali nagari se-Kecamatan Salimpaung, Ketua KAN, BPRN, Bundo Kanduang, Niniak Mamak Alim Ulama Cadiak Pandai, Tokoh Masyarakat juga pengurus Ikatan Keluarga Sumanik (IKS).

3. Menjalin Kerjasama Konkret Bersama Pemko Pekanbaru.

Selasa (29/6/2021), Bupati Tanah Datar Eka Putra SE menandatangani kerjasama dengan Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT dalam berbagai bidang di Aula Batusangkar.

4. Menghimbau Perantau Bangun Kampung Halaman

Sebagai pemimpin Tanah Datar yang baru, Eka mengaku sangat membutuhkan informasi masukan serta saran hingga nasihat dari sesepuh perantau dalam menjabarkan visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan misi pembangunan menjadi program dan kegiatan.

Pihaknya membuka peluang sebesar-besarnya bagi para investor yang berminat untuk menanamkan investasi di daerah itu.

5. Pelatihan Digitalisasi Untuk Pelaku UMKM Warga Tanah Datar

Pelatihan Program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang dari Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan untuk mendukung percepatan program unggulan Tanah Datar, yakni membuka 1000 lapangan kerja dan wirausahawan.

6. Peningkatan Penerangan Jalan

Senin (25/10/2021), Bupati Tanah Datar Eka Putra tandatangani bantuan hibah lampu jalan dari Kemitraan Lembaga Pengelola Proyek Badan Kongres Internasional Forum Budaya dan Warisan Dunia (LPP BIFBWD)di Emerald Park Menteng Jakarta Pusat, yang disaksikan langsung oleh Kepala LPP BIFBWD H. Syaiful Anwar.

7. Sukses Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Kabupaten Tanah Datar kembali meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Nasional.

8. Sukses Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 kategori Utama

9. Tenun Songket Tanah Datar Jadi Perhatian Dunia

Tenunan songket menjadi daya tarik di stand Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat di ajang Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2021 yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC) selama 20-22 Oktober 2021.

10. Eka Putra, SE Raih Penghargaab Sebagai Pembina ProKlim

Bupati Eka Putra menerima penghargaan sebagai Pembina ProKlim dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Penghargaan ini diserahkan saat festival Program Kampung Iklim (ProKlim) 2021secara virtual dari gedung Manggala Wanabakti Jakarta oleh Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar.

Nah, masih banyak prestasi lainnya yang dituai semenjak Eka Putra, SE menjadi Bupati Tanah Datar. Tentunya hal itu sangat membanggakan dan dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya.

Penulis
Budi Gunawan.