Soalisasi PKPU Nomor 4 KPU Tojo Una-Una Kenalkan Aplikasi SIPOL

Soalisasi PKPU Nomor 4 KPU Tojo Una-Una Kenalkan Aplikasi SIPOL

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tojo una-una mengelar sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di aula grand hotel pink .

Sosialisasi PKPU No.4 serta pengenalan aplikasi (SIPOl ) ini merupakan kegiatan awal dalam Pemilihan Umum tahun 2024 Tujuan agar Partai Politik (Parpol) memahami tentang proses pendaftaran, verifikasi dan penetapan peserta Pemilu, dan melaksanakan kewajiban Parpol untuk nantinya bisa ditetapkan sebagai Parpol peserta Pemilu tahun 2024,” ucap Ketua KPUD kabupaten Tojo una-una dalam sambutannya, Jumat (29/7/2022).

Selain itu, lanjut Dirwansayah agenda sosialisasi ini juga untuk memberikan informasi kepada seluruh stakeholder, bakal calon Parpol peserta pemilu agar memahami bagaimana proses pendaftaran bakal calon partai politik peserta pemilu hingga verifikasi administrasi dan faktual yang dilakukan KPUD dan kemudian ditetapkan oleh KPU RI.

Jadi ini penting untuk diketahui. Sehingga tidak salah dalam proses pendaftaran dan verifikasi administrasi dan faktual bakal calon DPRD Parpol peserta Pemilu,” jelasnya.

Nah, tambah Dirwansyah tugas KPU Kabupaten dalam proses tahapan pendaftaran Parpol meliputi proses verifikasi faktual, sedangkan untuk verifikasi administrasi KPU Kabupaten dapat melaksanakannya atas perintah KPU-RI berdasarkan temuan di Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL)

Jadi seluruh proses tahapan pendaftaran hingga penetapan Parpol peserta Pemilu tahun 2024, dapat termonitor dalam Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) ya, jadi itu nanti di cek terus oleh teman-teman Parpol,”melalui aplikasi tersebut ungkapnya.

Khusus KPUD kabupaten Tojo una-una Kami siap melayani dengan humanis kepada partai politik, “24 jam, jika memerlukan data yang penting dan kami akan keluarkan jika data tersebut sudah dipublikasikan, tutupnya

Kegiatan Sosialisasi dipimpin oleh dirwansyah putra S.I.kom sebagai Ketua didampingi,
para devisi KPU Tojo una-una .turut hadir komisioner Bawaslu, Kapolres diwakili kasat touna,parwira penghubung1307/ poso, kesbangpol,Disdukcapil,partai politik, insan pers , dan tokoh perempuan dan masyarakat , ar