Teh Talua Coklat Untuk Perempuan, Laki-laki (Generasi Milineal)

Ditulis Oleh  :  Labai Korok

 

Daerah Sumatera Barat sangat kaya akan potensi tanaman teh, telur ternak ayam kampung dan buah cacao (coklat bahasa minangnya). Ketiga bahan dasar itu bisa dipadukan dalam bentuk minuman khas minang yaitu teh talua coklat yang belum pernah dipopulerkan orang.

Saat ini masyarakat generasi old, tua-tua hanya mempopulerkan teh talua untuk keperkasaan dan energi plus, seperti teh talua original, teh talua tapai, teh talua pinang dan teh talua gula aren, sedangkan teh talua coklat belum pernah dipopulerkan untuk kenikmatan minuman kalangan milineal.

Analisa Penulis, andaikan teh talua coklat ini dibuat, atau disuguhkan pada masyarakat, maka anak sekolah dasar, anak sekolah menengah pertama, anak sekolah menengah atas, baik laki-laki dan perempuan akan menyukainya seperti kesukaan anak milineal terhadap makanan produk impor.

Inovasi teh talua perlu dikembangkan sesuai dengan kondisi alam dan ketersediaan asil bumi Sumatera Barat dan Indonesia. Sehingga disamping teh talua makin mendunia tapi juga punya penikmat-penikmat baru seperti generasi milenial tadi yang tidak suka teh talua.

Pembuatan teh talua coklat itu sama dengan pembuatan teh talua original yang sekarang sedang meriah diadakan pestanya oleh Uncu Alwis Ilyas dan lombahnya oleh Wagub Audy Joinaldy .

Teori membuat teh talau coklat adalah yaitu tahap awal rebus teh sarok hingga mendidih, menghasilkan air teh kental. Ambil gelas, letakkan kuning telur didasar, tampa ada putihnya, tambahkan gula pasir kasar dan lalu aduk dan kocok secara merata, hingga mengembang. Selanjutnya tuang air teh yang sudah disaring kedalam gelas secukupnya. Lalu tambahkan krim coklat kental secara seimbang maka itulah teh talua coklat.

Perlu diketahui adalah teh talua coklat yang berkualitas tinggi itu berbentuk 3 (tiga) lenggek (tinggkat/lapis) di dalam gelas, lenggek pertama buriah, lenggek kedua berwarna teh pekat, dan yang lenggek terakhirwarna coklat karena krimnya warna brown. Apa bila ditarok sendok almunium di tengahnya maka sendok itu akan berdiri, serta tegak lurus menjulang.

Teh talua coklat ini rencana akan dibuat secara hak paten oleh seorang teman. Agar teh talua disukai milineal. Salah satu cafe atau lapau di Kota Padang yaitu lapau atau cafe kopi batigo. Di Piaman juga sudah ada yang buat yaitu lapau LK .

Pada malam Rabu yang lalu Penulis secara pribadi prestasikan bagai mana membuat teh talua yang baik, berkualitas, enak dan higienis pada Abank Adek, yang merupakan Ownernya kopi batigo. Ini sesuai dengan keilmuan Penulis yang juga lulusan sarjana peternakan. Selamat menikmati teh talua coklat untuk kaum milineal.