Sebanyak 711 Anggota MPR RI dan DPD RI Hadiri Sidang Tahunan 2022

TERBARU21 Dilihat

JAKARTA-Sebanyak 711 Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia dari unsur DPR RI dan DPD RI menghadiri Sidang Tahunan yang dibuka oleh Ketua MPR H.Bambang Soesatyo,SE.MBA dan dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta para undangan perwakilan Negara-Negara Sahabat, di Gedung Bundar, Komplek Parlemen,Senayan,Jakarta,Selasa (16/8/2022).

“Sampai saat ini 435 anggota dari 711 anggota MPR, DPR dan DPD telah menandatangani daftar hadir maka sidang memenuhi syarat,” kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengawali pidato Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Selasa.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mmengawali pidatonya dengan menyapa dan memberikan penghormatan kepada Presiden dan Wakil Presiden RI, mantan Presiden dan Wakil Presiden, Ketua DPR, Ketua DPD, tamu undangan dari negara sahabat, petinggi negara hingga ketua umum partai politik yang hadir pada Sidang Tahunan MPR RI.

Bamsoet, demikian disapa, mengatakan rasa syukur mendalam patut disampaikan karena selama dua tahun lebih Indonesia dilanda pandemi COVID-19. Namun, berkat kerja keras pemerintah dan semua komponen elemen bangsa, Indonesia bisa menghadapi dan pulih lebih kuat.

“Sehingga hari ini kita bisa melaksanakan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022,” ujarnya.

Selain itu, Ketua MPR menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta pimpinan lembaga negara yang ikut menghadiri Sidang Tahunan MPR tersebut.

Untuk diketahui, dalam agendanya, Presiden RI Joko Widodo juga akan menyampaikan pidato kenegaraan.
Kemudian Presiden juga dijadwalkan menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023.

Ketua MPR RI,Bambang Sesatyo

Adapun Sidang Umum tahunan MPR RI dilaksanakan di Gedung Bundang Komplek Parlemen tepat pukul 09.38 – 09.58 WIB yang dibuka oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Selanjutnya Pidato disapaikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) pada pukul 09.58-10.18 menit dan dilangsungkan dengan Pidato Presiden RI, Joko Widodo pada pukul 10.18-11.03 dalam rangka penyampaian kinerja Lembaga -Lemmbaga Negara dan Pidato dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Ketua DPR RI Puan Maharani akan melanjutkan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 pada pukul 11.05 – 11.12 WIB. Dilanjutkan Pembacaan Do’a oleh Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A. (Imam Besar Masjid Istiqlal).
Pada pukul 11.12 – 11.22 WIB Penutupan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPR RI.

Selanjutnya pukul 11.22 – 11.27 ditutup dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diiringi Gita Bahana Nusantara . Pada pukul 10. 11.27 WIB Presiden RI, Wakil Presiden RI, Ketua MPR RI, Ketua DPR RI dan Ketua DPD RI meninggalkan Ruang Sidang Paripurna. *

** (Domi Lewuk dan Eky B/Tim Redaksi Jakarta).