NasDem Ungkap Demokrat Deklarasikan Anies Tanpa Syarat

BERITA UTAMA, POLITIK117 Dilihat

JAKARTA, KABARDAERAH.COM- Partai Demokrat (PD) mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024.

Sebagai mitra koalisi, Partai NasDem menganggap urusan penentuan capres di ‘Koalisi Perubahan’ sudah selesai.

“Jadi bahwa sejak awal kan memang kita sudah diskusikan terhadap satu figur yaitu Mas Anies. Itu diskusi kita lakukan sejak lama. Seringkali saya katakan bahwa ketika ada parpol yang kemudian ingin katakanlah Demokrat ingin mengawinkan AHY dengan Anies itu kan sesuatu hal yang lumrah ya kan, yang tidak boleh itu memaksakan kehendak karena kita ingin membangun koalisi yang setara,” kata Waketum NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Jumat (3/3).

Ali menekankan kekhawatiran soal penentuan Anies capres di poros koalisi itu kini sudah selesai.

Soal muncul wacana duet Anies dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ali menganggap aspirasi itu merupakan hal yang lumrah.

“Dengan kesepakatan kemarin, kekhawatiran-kekhawatiran selama ini kan terjawab ternyata Demokrat kemudian mendeklarasikan Mas Anies dengan tanpa syarat,” kata Ali.

“Bahwa ada aspirasi itu pasangan Mas Anies dengan AHY itu kan satu hal yang biasa aja, itu manusiawi,” imbuhnya.

Ali membeberkan acara deklarasi Anies capres oleh Demokrat kemarin sekaligus diikuti dengan penandatanganan naskah deklarasi koalisi. Ali menyebut partainya pun sudah tandatangan di naskah tersebut.

“Kan seingat saya kemarin itu diikuti dengan penandatanganan kesepakatan naskah deklarasi koalisi. Jadi kemarin itu kan langsung diikuti dengan penandatanganan naskah koalisi ya. Jadi NasDem sudah tandatangan, Demokrat kemarin sudah tandatangan ya. Artinya bahwa koalisi ini itu sudah terbentuk harusnya,” kata Ali.

Sementara, PKS diketahui belum menandatangani naskah deklarasi koalisi itu. Ali menegaskan hal ini hanya persoalan teknis lantaran PKS pun telah sepakat mendeklarasikan Anies capres.

“Yang kemarin belum tandatangan PKS karena memang mulai dari NasDem, kemudian ketemu Demokrat kemarin, kemudian habis itu PKS. Belum, belum (tandatangan PKS). Karena kemarin langsung ke Demokrat kan. Tapi PKS tidak ada masalah karena sudah selesai rakernas kemarin kan,” kata Ali.

“Gini, kan setelah semua partai mengumumkan mendeklarasikan Mas Anies kan secara keseluruhan kan selesai urusan itu. Kan semua sudah sepakat. Artinya tentang koalisi Anies itu urusan itu sudah selesai,” imbuh dia. *